Aturan Baru Resmi Berlaku: Cuti Bersama Dilarang Kurangi Hak Cuti Tahunan Karyawan

Posted on
banner 336x280

Hak cuti tahunan milik karyawan dipastikan tidak boleh berkurang akibat pengambilan cuti bersama. Ketetapan tegas ini tercantum pada Undang-undang Nomor 27 Tahun 2026 mengenai Pelindungan Ketenagakerjaan yang resmi berjalan per 28 Oktober kemarin.

"Dalam hal perusahaan menerapkan cuti bersama yang ditetapkan oleh pemerintah pusat, pelaksanaannya tidak mengurangi hak cuti tahunan pekerja atau buruh," demikian ketetapan Pasal 118 ayat (6) UU Pelindungan Ketenagakerjaan.

banner 468x60

Berdasarkan Pasal 118 ayat (1), pengusaha berkewajiban menyiapkan masa istirahat serta cuti bagi pekerjanya. Kemudian Pasal 118 ayat (5) menegaskan jatah wajib itu berupa cuti tahunan sekurang-kurangnya 12 hari kerja jika buruh telah menuntaskan masa kerja 12 bulan berturut-turut.

Pemerintah sendiri mengumumkan 18 hari libur nasional ditambah 8 hari cuti bersama pada kalender 2027. Mengikuti regulasi paling anyar tersebut, total 8 hari cuti bersama dipastikan tak memangkas 12 hari cuti reguler buruh sejak bulan mendatang.

Berikut perincian jadwal cuti bersama tahun 2027:

– 5 Februari (Jumat): Tahun Baru Imlek 2578 Kongzili
– 9, 12, dan 15 Maret (Selasa, Jumat, dan Senin): Idul Fitri 1448 Hijriah
– 25 Maret (Kamis): Wafat Yesus Kristus
– 18 Mei (Selasa): Idul Adha 1448 Hijriah
– 19 Mei (Rabu): Hari Raya Waisak 2571 BE
– 24 Desember (Jumat): Kelahiran Yesus Kristus.

banner 336x280