Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ SPORT HOKI / Yamaha Indonesia Juara Suzuka 4 Hours

Yamaha Indonesia Juara Suzuka 4 Hours

SPORT HOKI

SUZUKA, BeritaHoki.com - Tim A Yamaha Racing Indonesia keluar sebagai juara Suzuka 4 Hours Endurance Race 2014 yang berlangsung di Sirkuit Suzuka, Jepang, Sabtu (26/7/2014). Imanuel Putra Pratna dan Shigeru Ibaraki berhasil menyelesaikan 97 putaran pada balapan yang berlansung empat jam tersebut.

Imanuel yang turun sebagai pebalap pertama melakukan start dengan baik. Dari urutan keempat, dia berhasil melesat pertama setelah start. Saat lap pertama berakhir, dia berada di urutan kedua, di belakang Andi Gilang yang mewakili Astra Honda Racing Team.

Sementara Sudarmono yang menjadi pebalap pertama Tim B, sedikit terlambat melakukan start. Dari pole-position dia merosot ke urutan keenam.

Imanuel lebih dulu masuk ke pit untuk berganti pebalap dengan Ibaraki setelah melakukan 20 putaran. Pada putaran berikutnya, Sudarmono masuk lap. Sayangnya, dia terjatuh dan membalap dengan kecepatan lebih dari batas maksimal di pit lane.

Sudarmono segera bangun dan membawa motor kembali kepaddock untuk mengisi bensin dan pergantian pebalap. Sigit Purno Harjono yang turun sebagai pebalap kedua perlahan namun pasti mulai naik dan memperbaiki posisi.

Pada akhir lap 28, Sigit harus kembali ke pit untuk menjalani penalti stop and go karena kesalahan yang dilakukan Sudarmono.

Persaingan makin memanas tiap putaran. Imanuel yang kembali turun pada lap 41 berhasil membawa Tim A naik ke posisi dua, masih di belakang Gilang dari Honda. Pada lap 49, Gilang terjatuh cukup keras saat melewati sektor tiga.

Imanuel memimpin balapan. Setelah lap ke-60, Imanuel kembali masuk ke pit dan berganti dengan Ibaraki. Pebalap asal Jepang berusia 45 tahun ini berhasil mempertahankan posisi tim di tiga besar.

Imanuel kembali ke lintasan untuk putaran ke-81 hingga waktu habis. Pebalap 17 tahun ini bersaing ketat dengan pebalap Jepang dari tim SP Tadao Racing yang merupakan salah satu klub balap terkuat di Jepang. Tim B yang kembali diwakili Sudarmono berada di urutan ketiga.

Waktu tersisa 30 menit ketika Imanuel naik ke posisi pertama. Tim A memimpin sekitar 15 menit ketika Tadao Racing kembali ke posisi pertama.

Hanya lima menit sebelum balapan berakhir, pebalap Tadao Racing bersenggolan dengan pebalap lain yang akan di-overlapdan terjatuh. Imanuel kembali memimpin.

Tim A resmi menjadi juara Suzuka 4 Hours setelah menyelesaikan balapan empat jam ini dengan finis pertama. Sukses Yamaha semakin komplit dengan keberhasilan Tim B finis kedua.

Comments are disabled
Rate this article