Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Wanita Tertua di AS Bocorkan Makanan yang Membuatnya Panjang Umur

Wanita Tertua di AS Bocorkan Makanan yang Membuatnya Panjang Umur

Wanita Tertua di AS Bocorkan Makanan yang Membuatnya Panjang Umur

MEMILIKI usia lebih dari 100 tahun tentu menjadi sebuah anugerah yang sangat luat biasa bagi setiap manusia. Apalagi dengan menjamurnya berbagai jenis makanan tidak sehat, serta perubahan gaya hidup yang secara tidak langsung dapat memengaruhi kesehatan. Namun, bukan berarti di zaman modern seperti saat ini tidak ada lagi manusia berumur panjang seperti orang-orang pada zaman dahulu.
 
Setelah kematian seorang wanita berusia 114 tahun asal Pennsylvania bernama Delphine Gibson, Lessie Brown yang berusia 113 tahun dari Cleveland Height, Ohio, secara resmi dinobatkan sebagai wanita tertua di Amerika Serikat. Banyak yang bertanya-tanya apa rahasia dibalik umurnya yang panjang tersebut?
 
Menurut pengakuan putrinya, Bernie Wilson, 88 tahun, salah satu rahasia yang membuat ibunya dapat bertahan hidup hingga saat ini adalah karena kebiasaannya mengonsumsi ubi jalar. Lessie diketahui mengonsumsi makanan tersebut setiap hari sampai ia menginjak usia 110 tahun.
 
Ketika sang ibunda merayakan hari jadinya ke-111 tahun, Wilson mengatakan kepada WJW-TV bahwa Brown meyakinkan orang-orang terdekatnya untuk mengonsumsi ubi jalar. “Mereka pikir makanan itu akan memberikan kehidupan yang lebih panjang,” kata Wilson.
 
Sebagai informasi, Lessi Brown lahir di Georgia pada 22 September 1904. Berdasarkan laporan stasiun lokal, pada 2015 lalu, Brown memiliki 24 cucu, 44 cicit, dan 26 anak cicit. Saat ini, Brown menghabiskan sebagian besar waktunya di tempat tidur, tetapi ia senang mendengar berita tentang status barunya sebagai orang tertua di Amerika Serikat. “Itu berita baik,” tutur Brown sebelum kembali tertidur.
 
Gelar tersebut diberikan langsung oleh Kelompok Penelitian Gerontologi, yang mengurusi persoalan peringkat supercentarian di dunia. Seperti diketahui, supercentenarian adalah sebutan bagi orang-orang yang hidup lebih dari 110 tahun. Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 35 supercentenarian yang hidup di berbagai negara di dunia, dan 33 di antaranya adalah wanita.
 
Menurut penelitian, ada banyak faktor yang memengaruhi umur manusia, termasuk jenis kelamin. Buktinya, tujuh puluh persen dari seluruh supercentenarian dunia adalah wanita. Di samping itu, menjaga pola makan atau diet juga dipercaya memainkan peranan penting dalam memperpanjang umur seseorang.
 
Namun, belum dilakukan penelitian lebih lanjut untuk mengenai hubungan ubi jalar dengan kesehatan manusia. Berdasarkan penelitian yang dipublikasikan pada 2016 lalu, ubi jalar diketahui menawarkan banyak manfaat gizi dan kesehatan karena mengandung antioksidan, hipoglikemik, hipokolesterolemik, antimikroba, dan aktivitas imunomodulator.
 
Fakta unik lainnya, setiap supercentenarian ternyata memiliki cara tersendiri dalam menjaga kesehatan mereka. Delphie Gibson, mantan orang tertua di Amerika Serikat yang baru saja ‘lulus’ mengaitkan umur panjangnya dengan imannya kepada Tuhan. Demikian dilansir, Rabu (16/5/2018).
Comments are disabled
Rate this article