Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Video di Facebook Bakal Dukung Resolusi 4K

Video di Facebook Bakal Dukung Resolusi 4K

Video di Facebook Bakal Dukung Resolusi 4K

Sebentar lagi para pengguna Facebok bisa menikmati kualitas video beresolusi tinggi. Nampaknya  Facebook mengejar ketertinggalannya dari YouTube yang sudah cukup lama menyediakan resolusi Ultra HD yang pertama kali di uji cobakan tahun 2010.

Dikutip dari TechCrunch, Kamis (26/10/2017), Facebook mengonfirmasi sedang melakukan uji coba video 4K agar bisa diunggah dan diputar dengan resolusi 2160p, UHD-1 atau standar TV UHD.

Uji coba ini dilakukan secara random kepada penggunanya di AS. Belum diketahui kapan dukungan video 4K di Facebook ini bisa dinikmati oleh semua pengguna di seluruh dunia.

Secara sederhana, video 4K adalah video dengan resolusi yang sangat tinggi, yakni 4 kali lebih detail dari video Full HD biasa yang memiliki resolusi 1080p.

Nantinya, halaman dan profil di Facebook akan dapat mengunggah video berseolusi super tersebut. Peningkatan di Facebook ini akan mendukung fitur Facebook Watch.

Facebook sangat serius dengan video beberapa waktu terakhir. Baru saja mereka meluncurkan fitur baru di Instagram yakni mengundang teman di Instagram Live Story. Meski demikian, Facebook terbilang lamban dibanding YouTube yang sudah menyediakan video 4K sejak 2014, dan menambahkan video 4K pada live stream pada 2016.

Juli 2017 lalu, Facebook meluncurkan fitur video live 360 derajat, namun hanya mencapai 720p. Hal ini tidaklah masalah karena Facebook saat itu menyasar penggunanya yang memakai kamera smartphone untuk merekam video.

Video 4K dengan resolusi 2160p ini akan lebih menguntungkan bagi industri perfilman, game, travel, dan fashion yang mengutamakan detail gambar.

Bagi yang sudah mendukung, resolusi video 4K bisa dinikmati cukup dengan klik ikon gerigi pada video di Facebook dan ubah ke 2160p atau 4K jika tersedia dalam pengaturan video tersebut.

Comments are disabled
Rate this article