Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Tudingan Netanyahu soal proyek nuklir bikin Israel vs Iran kembali memanas

Tudingan Netanyahu soal proyek nuklir bikin Israel vs Iran kembali memanas

Tudingan Netanyahu soal proyek nuklir bikin Israel vs Iran kembali memanas

Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu merilis sebuah data yang disebutnya ‘berkas nuklir rahasia’. Berkas tersebut membuktikan Iran memiliki program senjata nuklir tersembunyi.
 
Seraya menunjukkan materi ribuan halaman, Netanyahu menuding Iran telah menipu dunia dengan menyangkal dan menutupi bahwa negara tersebut pernah mengembangkan senjata nuklir.
 
Iran pernah berjanji untuk mengekang segala program nuklirnya dengan imbalan pencabutan sanksi. Namun, secara diam-diam Iran tetap meneruskan program nuklirnya.
 
“Iran telah mengembangkan program senjata rahasianya hingga 2003 dengan nama sandi ‘Proyek Amad’. Tetapi rupanya Iran tetap mencari tahu tentang senjata nuklir setelah Proyek Amad ditutup,” ungkap Netanyahu dikutip, Selasa (1/5).
 
Mendapat tudingan demikian, pihak Iran langsung memberikan bantahan keras. Melalui laman Twitter, Menteri Luar Negeri Javad Zarif mengatakan bahwa bukti yang dirilis Netanyahu adalah pengulangan kembali atas tuduhan lama yang sebenarnya sudah ditangani oleh petugas pengawas nuklir PBB.
 
“Netanyahu telah melakukan aksi kekanak-kanakan yang tujuannya untuk mempengaruhi keputusan Presiden Amerika Serikat Donald Trump untuk tetap berada dalam kesepakatan nuklir Iran atau tidak,” tulis Zarif.
 
Sebagaimana diketahui, AS bersama lima kekuatan internasional lain mencapai kesepakatan dengan Iran pada 2015 lalu untuk mengekang program nuklir Iran. Iran sepakat membatasi program nuklirnya dengan imbalan pengurangan sanksi lain, termasuk ekonomi.
 
Namun kini AS di bawah kepemimpinan Trump mulai merasa ragu dengan kesepakatan dibuat di era mantan presiden Barack Obama itu. Trump pun menyatakan akan memutuskan apakah akan tetap mempertahankan kesepakatan sebelum 12 Mei mendatang.
 
Sementara itu, Gedung Putih menilai bukti baru diluncurkan oleh Netanyahu tersebut dinilai memberikan sebuah rincian baru yang menarik.
 
“Fakta-fakta ini sesuai dengan apa yang diyakini oleh AS bahwa Iran memang memiliki program senjata nuklir rahasia yang gagal disembunyikan dari rakyatnya sendiri,” demikian pernyataan Gedung Putih.
 
Berbeda dengan Israel dan AS, Uni Eropa menegaskan akan tetap mempertahankan kesepakatan tersebut
 
“Kami takkan senaif itu terkait Iran dengan ambisi nuklirnya,” kata juru bicara pemerintah Inggris.
 
“Itu sebabnya rezim inspeksi IAEA setuju bahwa kesepakatan nuklir Iran adalah salah satu yang paling luas dan kuat dalam sejarah perjanjian nuklir internasional,” lanjutnya.
Comments are disabled
Rate this article