Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Trump Ungkap Isi Surat dari Kim Jong-un: Kemajuan Besar Sedang Dibuat

Trump Ungkap Isi Surat dari Kim Jong-un: Kemajuan Besar Sedang Dibuat

Trump Ungkap Isi Surat dari Kim Jong-un: Kemajuan Besar Sedang Dibuat

Presiden Amerika Serikat Donald Trump pada Kamis (12/7/2018) mengatakan menerima surat pendek dari pemimpin Korea Utara Kim Jong-un.
 
Di surat itu, Kim mengatakan yakin bahwa upaya mereka meningkatkan hubungan akan berhasil.
 
Trump mengatakan surat bertanggal 6 Juli itu merupakan “surat yang sangat bagus”.
 
“Pesan sangat menyenangkan dari Pemimpin Korea Utara Kim. Kemajuan besar sedang dibuat!” kata Trump di Twitter.
 
Unggahannya di Twitter itu disertai dengan foto surat dari Kim serta terjemahan isi surat tersebut.
 
“Saya sangat yakin bahwa keinginan kuat, usaha-usaha yang tulus serta pendekatan unik yang saya dan Yang Mulia Presiden Bapak Presiden (Donald Trump) lakukan untuk membuka masa depan baru antara DPRK (Korea Utara) dan AS pastinya akan membuahkan hasil,” kata Kim.
 
Kim mengatakan berharap bahwa “tindakan praktis” akan diambil pada masa depan, namun ia tidak memberikan rincian soal itu.
 
Namun, secara terpisah, AS menuding Korut melanggar sanksi PBB dengan menerima produk bahan bakar minyak secara rahasia. Sebagai catatan, BBM yang masuk ke Korut dibatasi hanya 500.000 barel per tahun.
 
“Informasi yang kami miliki menunjukkan bahwa antara 1 Januari dan 30 Mei 2018, tanker-tanker Korea Utara telah singgah di pelabuhan Korea Utara sedikitnya 89 kali, tampaknya untuk menyerahkan produk minyak yang diperoleh secara tidak sah antar kapal atau yang dikenal sebagai transfer STS (ship-to-ship),” kata Amerika Serikat kepada komisi sanksi Korea Utara di Dewan Keamanan PBB, mengutip VOA Indonesia.

 

Comments are disabled
Rate this article