Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Tips Seimbangkan Kerja dengan Kehidupan Agar Tetap Sehat

Tips Seimbangkan Kerja dengan Kehidupan Agar Tetap Sehat

Tips Seimbangkan Kerja dengan Kehidupan Agar Tetap Sehat

Memperoleh keseimbangan antara kehidupan kerja dengan kehidupan pribadi memang sangat sulit di era yang serba cepat dan dinamis seperti saat ini. Kamu yang bekerja di kantor pasti merasakannya.

Kamu selalu merasa harus melakukan hal lebih dalam setiap tugas yang diberikan. Tidak jarang juga kamu rela tinggal lama di kantor untuk menyelesaikan pekerjaan dan menjadikan rumah sekedar tempat untuk tidur. Saat akhir pekan atau bahkan saat kamu mengajukan cuti, ada saja pekerjaan yang masuk. Mau menolak rasanya sulit.

Menyibukkan diri dengan pekerjaan di kantor demi menggapai tangga karier yang lebih tinggi adalah hal yang sangat baik untuk kamu lakukan. Selagi masih mampu dan produktif. Namun, jangan biarkan juga kesibukkan kerja memakan seluruh waktu dalam hidupmu. Efeknya sangat berbahaya.

Ketidak seimbangan antara kerja dengan kehidupan pribadi bisa memicu stres tingkat tinggi. Sudah dapat ditebak, stress akan mempengaruhi kehidupan sosial. Kamu akan mudah marah dan komunikasi menjadi tidak harmonis dengan anggota keluarga. Stress juga dapat bermanifestasi menjadi banyak gangguan kesehatan.

Nah, jika kamu mau seimbangkan kerja dengan kehidupan pribadi agar kesehatan mental dan fisik tetap terjaga, ikuti tips ini.

1. Jangan terlalu perfeksionis

Buang jauh-jauh kebiasaan untuk selalu tampil sempurna, mengerjakan segala sesuatu sesuai dengan aturan yang kamu buat, dan menjadi seorang control-freak. Bukan berarti bermalas-malasan. Coba nikmati saja prosesnya dan bersyukur jika hasilnya baik. Jika tidak, jangan terlalu diambil hati, evaluasi dan coba lagi.

2. Gunakan waktu istirahat semaksimal mungkin

Saat jam istirahat siang tiba, usahakan kamu benar-benar menikmatinya dengan maksimal. Isi perut dengan makanan sehat, segarkan pikiran dengan bersosialisasi, atau berjalan-jalan sebentar di sekitaran kantor, jangan duduk terus di depan monitor komputer. Begitu juga saat akhir pekan. Manfaatkan akhir pekan sebaik mungkin untuk istirahat, menikmati waktu berkualitas bersama keluarga, atau melakukan hobi kamu.

3. Jangan sering-sering bawa pekerjaan ke rumah

Terlalu sering membawa pulang pekerjaan kantor ke rumah tidak baik juga untuk kesehatan mental. Kamu akan cepat jenuh. Selain itu komunikasi dengan orang rumah tentunya tidak akan berjalan baik jika kamu konsentrasi mengerjakan pekerjaan kantor. Satu hal lagi yang penting, jangan bawa masalah di kantor ke rumah. Biarlah semua kerepotan yang kamu alami di kantor, tinggal di kantor.

4. Olahraga dan meditasi secara teratur

Rutin berolahraga akan membuatmu terhindar dari banyak risiko penyakit. Selain itu, olahraga merangsang produksi hormon endorphin yang dapat membantumu mengatasi stres. Selain itu olahraga juga dapat membuatmu lebih percaya diri.

Sementara meditasi dapat membebaskan pikiranmu yang penat dan penuh. Jika rutin bermeditasi kamu akan dapat meningkatkan kemampuan mengelola stres, lebih fokus, optimis, dan sabar.

5. Tetap rawat diri dan perhatikan pola makan

Sesibuk apapun kegiatanmu sehari-hari jangan lupa untuk tetap merawat diri. Jaga kesehatan tubuh dengan asupan makanan sehat dan seimbang nutrisinya. Perhatikan pola makan dan pola tidur. Usahakan tidur cukup yaitu 7-8 jam sehari.

Agar kamu tetap bisa produktif hingga masa yang akan datang, kamu juga perlu mengadopsi kebiasaan baik untuk selalu berpikir jauh ke depan. Rencanakan lebih, termasuk untuk urusan perlindungan kesehatanmu.  

Salah satu solusi yang bisa kamu pertimbangkan adalah solusi perlindungan kesehatan secara menyeluruh yang ditawarkan AXA melalui kampanye “Sehat itu AXA”. Solusi ini juga dapat disesuaikan dengan kebutuhan perlindunganmu di berbagai fase kehidupan. Berbagai kebutuhan perawatan kesehatan akan terpenuhi dengan solusi ini.

Jika kamu terbiasa untuk #RencanakanLebih segala sesuatu dalam hidupmu, termasuk perlindungan kesehatan, pikiranmu tidak akan terlalu penuh. Kamu akan lebih tenang karena masa depanmu terjaga. Akan ada lebih banyak ruang untuk memikirkan peningkatan karier dan rencana kehidupan lainnya.

Comments are disabled
Rate this article