Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Tips cek kondisi kiprok

Tips cek kondisi kiprok

BeritaHoki Otomotif

BeritaHoki.com – Regulator Rectifier atau Silicon Controlled Rectifier adalah nama keren dari kiprok. Alat ini berfungsi untuk menyearahkan arus bolak balik AC (Alternating Currentt) yang dihasilkan oleh magnet dan sepul menjadi DC (Direct Current).

Selain itu, kiprok ini masih memiliki fungsi lain. Yaitu untuk mengatur stabilitas aliran alur listrik yang akan dikirimkan ke pengapian sesuai dengan putaran mesin. Jika kiprok rusak, maka pengisian listrik aki akan lemah dan lampu motor akan meredup.

Untuk memeriksa kondisi kiprok, caranya sangat mudah. Pertama nyalakan mesin motor dan biarkan menyala tanpa di gas selama beberapa saat. Setelah itu sentuh kiprok dengan tangan, jika terasa hangat dan perlahan memanas berarti kiprok dalam kondisi normal.

Sebaliknya, jika mesin sudah menyala selama beberapa menit dan kiprok masih tetap saja dingin berarti kiprok motor sudah tidak berfungsi lagi. Namun, sebelum mengganti kiprok, periksa dulu kondisi kabel dan soket yang menghubungkan sepul, kiprok dan aki. Pastikan semuanya terpasang dalam keadaan sempurna.

Comments are disabled
Rate this article