Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Terpisah dari Lokomotif, 22 Kereta di India Berjalan Mundur 12 Km

Terpisah dari Lokomotif, 22 Kereta di India Berjalan Mundur 12 Km

Terpisah dari Lokomotif, 22 Kereta di India Berjalan Mundur 12 Km

Kementerian Kereta Api India melaporkan, sebanyak 22 kereta lepas dari rangkaian ketika mengangkut sekira 1.000 orang penumpang pada Minggu 8 April. Puluhan kereta itu diketahui terlepas dari lokomotif dan melaju mundur sejauh 12 kilometer (km) di Negara Bagian Odisha.
 
Kereta-kereta itu berhasil dihentikan setelah petugas dari operator kereta api meletakkan bebatuan di rel. Juru bicara Kementerian Kereta Api India untuk Wilayah Timur, JP Mishra memastikan, tidak ada korban luka-luka di antara 1.000 orang penumpang tersebut.
 
Meski demikian, tujuh orang pegawai operator kereta api dipecat karena dinilai tidak mengikuti prosedur yang benar. Ketujuh orang itu saat ini diskors dan penyelidikan terhadap insiden tersebut sedang dilakukan.
 
Mishra mengatakan, rangkaian kereta yang mengalami masalah itu tengah melaju dari Gujarat menuju Odisha pada Sabtu 7 April malam waktu setempat. Ia yakin rem otomatis seharusnya langsung bekerja ketika ada kereta yang terpisah dari rangkaiannya atau dari lokomotif baik itu secara senjaga maupun tidak sengaja.
 
“Sesuatu yang mengerikan bisa terjadi dan beruntung berhasil dihentikan oleh staf yang waspada. Keamanan para penumpang tidak dapat dikompromikan. Semua orang di kementerian sangat terkejut,” ujar JP Mishra, mengutip, Senin (9/4/2018).
 
Dalam sebuah video yang beredar di media sosial, 22 rangkaian kereta itu sempat melewati peron di sebuah stasiun. Calon penumpang yang melihat insiden tersebut tak henti meneriaki orang-orang di kereta untuk menarik tuas rem darurat.
 
Kereta api diketahui menjadi transportasi andalan warga India untuk beraktivitas sehari-hari. Sekira 22 juta orang penumpang menggantungkan hidupnya di 9.000 rangkaian kereta api di seluruh India setiap harinya.
 
Insiden tersebut menambah panjang daftar buruknya standar keselamatan transportasi kereta api di India. Menurut laporan resmi pemerintah pada 2012, sekira 15 ribu orang tewas setiap tahunnya akibat insiden yang berkaitan dengan kereta api.
Comments are disabled
Rate this article