Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Tepatkah Mengonsumsi Antibiotik dalam Mengatasi Flu?

Tepatkah Mengonsumsi Antibiotik dalam Mengatasi Flu?

Penyakit flu umumnya sering terjadi pada musim pancaroba atau musim hujan. Biasanya gejala flu ditandai dengan demam, batuk, pilek, sakit kepala, batuk, mimisan, gangguan penciuman, hingga gangguan pendengaran.
 
Ketika flu menyerang, banyak orang yang memilih mengonsumsi antibiotik untuk menyembuhkan penyakit ini. Padahal penggunaan antibiotik untuk menyembuhkan flu sebenarnya tidaklah tepat.
 
Pasalnya, flu disebabkan oleh virus. Bukan disebabkan oleh bakteri yang biasanya memerlukan pengobatan dengan antibiotik yang diresepkan oleh dokter.
 
“Tidak ada bukti manfaat dari pemberian antibiotik pada penderita flu untuk anak-anak maupun orang dewasa. Malah sebaliknya didapatkan bukti bahwa antibiotik menyebabkan efek samping yang signifikan, terutama gangguan saluran pencernaan,” ungkap Medical Manager PT Kalbe Farma, dr. Helmin Agustina Silalahi.
 
dr. Helmin mengatakan dampak yang paling disayangkan dalam penggunaan antibiotik adalah terjadinya resistensi. Ia pun menganjurkan sebaiknya dalam praktik dokter, antibiotik tidak diberikan pada awal flu karena tidak akan memperbaiki gejala. Malah akan menimbulkan masalah baru yaitu efek samping dan risiko resistensi antibiotik.
 
“Namun jika gejalanya bertahan lebih dari 10 hari maka terapi antibiotik mungkin bermanfaat. Dengan kata lain, jika sudah minum obat selama 10 hari, tapi tidak ada perbaikan sebaiknya ke dokter supaya dokter bisa memberikan antibiotik,” jelasnya.
 
Maka jika mengalami gejala flu sebaiknya langkah pertama yang perlu dilakukan adalah istirahat yang cukup dan konsumsi makanan yang bergizi. Daya tahan tubuh yang baik perlu dijaga untuk mencegah komplikasi.
 
Sedangkan untuk mengatasi gejalanya, dr Helmin menyarankan untuk diberikan terapi simptomatik (mengatasi sesuai gejala) seperti obat penurun panas, pereda nyeri, dekongestan nasal untuk melonggarkan hidung, antihistamin untuk mengatasi bersin-bersin, dan obat batuk jika ada batuk.
 
Untuk meredakan gejala tersebut, dapat dibantu dengan konsumsi obat flu seperti Procold Flu serta Procald Flu & Batuk. Kandungannya dibuat lebih aman dengan dosis pas sehingga efektif mengatasi flu dan batuk.
Comments are disabled
Rate this article