Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Telkomsel tingkatkan layanan suara sms dan data di Papua

Telkomsel tingkatkan layanan suara sms dan data di Papua

BeritaHoki Teknologi

BeritaHoki.com – Menyambut perayaan Natal 2014 dan kunjungan Presiden Jokowi dan rombongan, manajemen PT Telkomsel Indonesia (Tbk) telah meningkatkan layanan suara, pesan singkat (SMS) dan data untuk wilayah Maluku dan Papua.

“Kami terus lakukan pembenahan dan peningkatan pelayanan, karena banyaknya pertukaran informasi antar sesama baik menggunakan layanan suara, pesan singkat ataupun data,” kata Corporate Communications PT Telkomsel Regional Maluku-Papua Rifki Sya’bani, dalam siaran pers (25/12).

Tentu menjadi perhatian penting bagi Telkomsel selaku operator selular terbesar dengan daya jangkau jaringannya yang paling luas di kawasan Indonesia Timur.

“Kunjungan Presiden Jokowi ke Papua kali ini, juga dijadwalkan untuk menghadiri perayaan Natal Nasional 2014 yang turut menghadirkan kurang lebih 400 ribu undangan di Stadion Mandala Jayapura,” katanya.

Sehingga periode Natal dan Tahun Baru yang selalu dibarengi dengan masa liburan kali ini dipastikan akan semakin meningkatkan kebutuhan komunikasi pelanggan karena banyaknya pertukaran informasi antarsesama, baik menggunakan layanan suara, SMS ataupun data.

“Untuk itu di masa-masa tersebut Telkomsel selalu berkomitmen meningkatkan kesiapan layanan dan jaringan untuk menjamin kualitas berkomunikasi terbaik bagi para pelanggan,” katanya.

Sebagai langkah antisipasi, Sya’bani menyampaikan bahwa dari sisi jaringan Telkomsel Jayapura dan Sorong melakukan sejumlah aktivitas, seperti dalam hal kemampuan penanganan pelanggan VLR (Visitor Location Register) yang ditingkatkan sebesar 8,8 juta pelanggan.

Sedangkan sejumlah BTS di Sentani, Abepura, Jayapura, Wamena serta Sorong dan Biak ditingkatkan kapasitasnya terutama yang melingkupi titik-titik yang akan dijadikan areal ring-1 dan kunjungan rombongan presiden.

“Mulai dari bandar udara, jalan raya antara Bandar udara dan Kota Jayapura, Universitas Cendrawasih, GOR Waringin, Pasar Youtefa, dan sekitar jembatan Holtekamp hingga Stadion Mandala serta hotel tempat rombongan presiden menginap,” katanya.

Untuk peningkatan kualitas layanan dan jaringan di Stadion Mandala, lanjut Sya’bani, Telkomsel telah melakukan penambahan kapasitas dan jaringan 3G dengan menurunkan 3 BTS Combat dengan 2 BTS berupa Combat RUSH (Rooftop unit with smart handling) dan sebuah Combat SPRINT (smart portable radio unit) yang dinamai dengan combat ‘Sentani’.

“Untuk kawasan tribun utama Telkomsel juga telah menyiapkan penambahan BTS 3G small cell sehingga diharapkan kawasan VIP tidak akan mengalami gangguan jaringan yang berarti,” katanya.

Sementara itu, untuk jaringan di Kabupaten Jayawijaya terutama di kota Wamena, telah dilakukan tuning parameter pada 19 BTS dan penambahan kapasitas pada 16 BTS 3G di wilayah tersebut.

Untuk kota Sorong dan Biak juga telah dilakukan penambahan kapasitas dan perbaikan parameter pada 7 BTS/lokasi yang akan dikunjungi oleh rombongan presiden meliputi kawasan bandar udara, gedung pertemuan/GOR, dan jalur lintas iringan kendaraan kepresidenan.

Sya’bani juga mengemukakan bahwa Telkomsel sebagai operator selular ‘paling Indonesia’ telah melakukan penambahan kapasitas trunk IP Backbone Jayapura-Jakarta melalui transmisi satelit (IDR) dengan menggunakan bearer O3B dengan lebar pita frekuensi unduh (bandwidth) hingga 250 MB.

“Dengan segenap upaya terbaik, Telkomsel berharap mampu terus memberikan layanan yang mampu menciptakan ‘WOW-Great Experiences’ kepada seluruh pelanggannya,” tambahnya.

Telkomsel adalah operator selular terbesar di Indonesia dengan jumlah pelanggan mencapai lebih dari 140 juta. Untuk melayani pelanggannya yang tersebar di seluruh Indonesia, termasuk juga di daerah terpencil dan pulau terluar serta daerah perbatasan negara, Telkomsel telah menggelar 83.000 BTS.

Comments are disabled
Rate this article