Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Soal Gaza, Sikap AS Tak Pernah Berubah

Soal Gaza, Sikap AS Tak Pernah Berubah

U.S. Senator for Arizona McCain leaves American Center after a press briefing in Hanoi Amerika Serikat (AS) mendapat kecaman dunia soal perananannya dalam krisis Gaza. Banyak pihak menyebut AS mendukung agresi Israel.

Isu tersebut mencuat bukan tanpa alasan. Hal ini karena sudah sejak lama AS diduga sebagai sekutu terkuat Israel.

Merespons masalah ini Senator asal Negara Bagian Arizona John McCain angkat bicara. McCain menegaskan sikap AS tidak pernah berubah.

“Sikap AS jelas kami mendukung two state solution untuk menyelesaikan masalah yang terjadi di Gaza,” Selasa (12/8/2014).

Two state solution
adalah pembagian wilayah Yerusalem menjadi milik Palestina dan Israel. Solusi ini didukung penuh oleh mayoritas negara di dunia.

Usaha untuk mendamaikan Israel dengan Hamas sia-sia. Hingga kini, pembicaraan yang berlangsung di Kairo, Mesir itu tidak mengalami perkembangan alias mentok.

Diketahui, sudah satu bulan terjadi perang antara Israel dengan pejuang Palestina itu di Jalur Gaza. Mesir mencoba menjadi negosiator untuk mendamaikan Israel dengan Hamas.

Sampai saat ini, Mesir baru berhasil menekan kedua belah pihak untuk memperpanjang gencatan senjata selama 72 jam. Gencatan senjata itu sendiri sudah memasuki hari kedua. Diberitakan sebelumnya, Hamas meminta kepada Israel untuk membuka jalur di bandara dan pelabuhan.

 

Comments are disabled
Rate this article