Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ ARTIS HOKI / Sebelum Meninggal, Ayah Sule Bercanda Minta Mobil Putih

Sebelum Meninggal, Ayah Sule Bercanda Minta Mobil Putih

Sebelum Meninggal, Ayah Sule Bercanda Minta Mobil Putih

Duka menyelimuti keluarga komedian Sule. Ayahnya, Dodo Mulyana (Abah Dodo) meninggal dunia pada Rabu (11/10/2017) pagi di kediamannya, Jalan Kamarung, Kota Cimahi, Jawa Barat.

Meski tengah berduka, Sule dan keluarga tampak tegar. Tak ada luapan sedih berlebihan sewaktu jenazah Abah Dodo dikebumikan di pemakaman keluarga.

Sule mengatakan, sebelum meninggal ayahnya memang meminta agar anak-anaknya tak menangisi kepergiannya.

“Justru yang paling diingat dari Abah, dia bilang apapun yang terjadi itu harus ikhlas. Dia sempat bilang kalau orangtua sakit jangan menangis, Abah meninggal pun jangan sampai kamu menangis. Nanti kalau kamu menangis saya ikut menangis,” ucap Sule saat ditemui di rumah duka, Rabu kemarin.

“Artinya kalau saya sedih Abah di sana juga sedih. Kalau enggak ada pepatah begitu mungkin saya nangis. Makanya saya tegar, saya kuat-kuatin,” kata pelawak bernama lengkap Entis Sutisna itu.

Saat prosesi pemakaman, Sule memang tampak berupaya untuk tegar. Ia pun setia mendampingi hingga tanah merah menutup jasad Abah Dodo.

“Saya pikir ini ilmu buat saya karena saya nanti juga akan seperti abah (meninggal). Menangis itu bukan penyelesaian biarkan abah tenang. Kalau dilihat orang saya gak sedih itu salah,” ungkapnya.

Abah Dodo memang dikenal punya selera humor tinggi. Bahkan, saat terbaring sakit pun Abah Dodo masih bisa menghibur orang.

“Sebelumnya dia juga minta tanah wakaf ke adik saya di kebun dua meter buat bikin saung. Nanti katanya kalau Abah lagi berantem sama si Emak mau tidur di situ. Yah pokoknya Abah orangnya selalu memberikan inspirasi,” ujar Sule.

Komedian Sule Sutisna menceritakan pesan terakhir yang diungkapkan oleh mendiang ayahnya, Dodo Mulyana.

Ia bercerita, ayahnya pernah meminta dibelikan mobil warna putih. Sule pun berjanji memenuhi permintaan sang ayah.

“Hari itu Abah telepon, dia minta mobil warna putih biar agak bersihan, rapi. Oke Bah nanti habis Desember karena ada urusan dulu nanti saya ke sana saja. Tunggu seminggu inilah saya beliin. ‘Ya gak apa-apa Abah mah cuma bercanda,” ucap Sule menirukan percakapannya dengan sang ayah.

Candaan ayahnya justru ditanggapi serius oleh Sule. Ia pun sudah berniat akan membelikan mobil sesuai permintaan ayahnya. Namun Tuhan berkehendak lain.

Sebelum ia bisa mewujudkan keinginan itu, Abah berpulang pada Rabu pagi.

“Namanya manusia pasti ada (rasa menyesal). Kita kan gak tahu (umur manusia). Karena saya sudah niat beliin mobil buat Abah,” ujarnya.

Sule menilai, pada dasarnya ayahnya bukan tipikal orang yang suka meminta kepada anak. Abah, kata Sule, sosok ayah yang tak pernah neko-neko.

“Abah tidak pernah minta apa-apa. Abah itu orangnya apa adanya pokoknya minta itu pas sebelum sakit minta mobil warna putih,” kata Sule.

Ayah Sule meninggal dunia di usia 69 tahun di kediamannya di Kota Cimahi, Jawa Barat, Rabu (11/10/2017) sekitar pukul 07.00 WIB.

Comments are disabled
Rate this article