Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ SPORT HOKI / Sean Pimpin Lomba dan Peroleh Tiga Podium

Sean Pimpin Lomba dan Peroleh Tiga Podium

1527289F3-British-Sean-Gelael-Ed-Jones780x390

Francorchamps, Belgia – 27 Juli 2014 - Sean Gelael mengalami akhir pekan fantastis saat mengikuti Kejuaraan Formula 3 Inggris di sirkuit Spa Francorchamps Belgia yang sangat menantang. Sean berhasil naik podium di ketiga race yang dipertandingkan, dan untuk pertama kalinya, Sean sempat menjadi pebalap terdepan dalam sebuah  pertandingan Formula 3.

Pebalap berusia 17 tahun bersama kendaraan Jagonya Ayam with Carlin Dallara-Volkswagen,  mencatatkan waktu tercepat kedua saat kualifikasi, dan finish kedua di race pertama dan ketiga, sedangkan di race kedua, Sean finish di posisi ketiga.

Biasanya, Sean bertanding di Kejuaraan FIA Formula 3 Eropa, tetapi kali ini Sean mengikuti ajang Formula 3 Inggris untuk memperoleh tambahan pengalaman yang sangat penting baginya.

Sean sempat melorot ke posisi empat dari posisi start di baris depan saat race pertama. Kemudian, akibat terjadi suatu insiden, safety car masuk lintasan di putaran-putaran awal. Sesudah safety car keluar, Sean melakukan manuver yang baik untuk dapat melewati dua pesaing di depannya, dan kembali berada di posisi kedua hanya dua lap setelah pertandingan dimulai kembali, dan Sean bertahan sampai dengan finish untuk mendapatkan hasil terbaiknya selama berkarir di Formula 3.

 “Saya melakukan start yang jelek!” kata Sean. “Kami mencoba sesuatu yang baru pada kopling, dan mengalami problem saat melakukan putaran sebelum start, jadi saya tidak memiliki rasa yang pas saat start. Tetapi kemudian, saya berhasil menyusul beberapa pebalap di depan saya, dan menjalani balapan dengan sangat baik.”

Di race kedua, lima pebalap terdepan dari race pertama, start dengan posisi terbalik, jadi Sean start dari posisi empat. Kembali Sean mengalami start yang mengecewakan sehingga harus turun ke posisi enam, tetapi kemudian kembali naik ke posisi ke tiga di akhir lap kedua. Tetapi pada saat dia sudah berada di posisi ketiga, dua pebalap di depannya sudah berada jauh di depan, jadi Sean hanya berusaha mempertahankan posisi untuk bisa naik podium lagi.

 “Ban Cooper yang digunakan di Formula 3 Inggris sangatlah berbeda dengan Hankook yang biasa saya gunakan,” terang Sean, “Akibatnya saya kembali melakukan start yang buruk. Saya terlalu banyak melakukan wheelspin sampai terlihat seperti American-style burnout! Sayangnya itu membuat ban melepuh dan setelah saya berada di posisi ketiga saya harus berjuang untuk mempertahankan kecepatan mengikuti para pebalap di depan. Semua ini terjadi dalam satu lomba!”

Dengan Sean kembali berada di baris depan saat start di race ketiga, baik Sean dan pebalap pole position, Ed Jones melakukan start yang sama-sama baik. Tetapi Sean berhasil melewati tikungan legendaris, Eau Rouge dengan sangat baik, dan kemudian mampu menyalip Jones dengan teknik slipstreaminguntuk memimpin lomba. Dalam perlombaan yang mendebarkan, bendera Indonesia tetap berada terdepan sampai dengan lap keenam, saat Jones kembali menyusul Sean untuk memimpin perlombaan, dengan dua roda kendaraannya berada di rumput. Sean terus membuntuti Ed selama sisa pertandingan, walaupun akhirnya harus kehilangan kesempatan untuk memperoleh kemenangan perdananya di Formula 3 dengan hanya selisih 1,092 detik setelah 32 menit membalap.

 “Nyaris!” kata Sean. “Kali ini saya melakukan start dengan baik, melewati tikungan pertama dengan mulus, dan menyusul Ed saat melaju menuju bukit. Ed sangat baik saat melaju di lintasan lurus, sedangkan saya lebih baik di tikungan.Karena Ed sangat cepat di lintasan lurus, maka dia bisa melesat dengan kencang, tetapi saat saya berada di belakangnya, dorongan itu tidaklah terlalu efektif.  Saya sangat berharap untuk menang, tetapi kami memperoleh perkembangan yang luar biasa di sini. Sekaligus menjadikannya sebagai persiapan yang baik untuk menuju ke Red Bull Ring.”

Red Bull Ring, adalah sirkuit yang terletak di Austria dan memiliki pemandangan indah dari Pegunungan Alpen, akan menjadi tempat balapan Sean berikutnya di ajang Formula 3 Eropa, yang akan berlangsung akhir pekan mendatang, tanggal 1 – 3 Agustus.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai sepak terjang Sean Gelael di ajang F3 dan update-update lainnya dari Sean, silahkan follow akun Twitter resmi Sean Gelael di @IDSeanGP dan fan page Facebook resmi Sean Gelael dihttps://www.facebook.com/IDSeanGP serta www.sean-gelael.com(adv)

Comments are disabled
Rate this article