Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Rutinitas 30 Menit Sebelum Tidur Demi Kualitas Tidur Lebih Baik

Rutinitas 30 Menit Sebelum Tidur Demi Kualitas Tidur Lebih Baik

Rutinitas 30 Menit Sebelum Tidur Demi Kualitas Tidur Lebih Baik

Apa yang biasa kamu lakukan sebelum tidur? Jika masih melakukan aktivitas seperti ngobrol di aplikasi percakapan atau menonton televisi, segera tinggalkan. Aktivitas yang sering kita anggap pengisi waktu sebelum tidur ini justru merusak kualitas tidur.

Dikutip dari New York Post, tidur nyenyak sangat penting untuk kesehatan fisik, mental dan emosional yang baik. Hal ini sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan sehat dan cukup berolahraga.

Namun, setengah dari orang dewasa tidak mendapatkan tidur yang cukup. Banyak yang mengaku terjaga di malam hari karena perasaan gelisah tiba-tiba melanda.  Nah, salah satu penyebab masalah tersebut antara lain karena tidak memiliki rutinitas tidur.

Artinya, orang-orang tidur dengan perasaan kacau yang membuat saat terbangun menjadi tidak nyaman.

Untuk mengatasi hal itu, pakar tidur Neil Stanley, mengatakan rutinitas tidur harus dimulai 30 menit sebelum lampu padam. Dengan begitu, kita akan mengondisikan tubuh dan otak pada keadaan yang membuat tidur lebih mudah terjadi. Artinya, pikiran harus tenang dan tubuh rileks.

Pakar tidur lain, profesor Mark Cropley, mengatakan 30 menit adalah waktu yang tepat sebelum tidur untuk mulai bersantai dan memikirkan soal tidur.

“Jangan pernah meremehkan pentingnya membangun rutinitas yang baik, dalam persoalan tidur dan semua area kehidupan, karena ini dapat mempengaruhi tingkat kesuksesan kamu,” katanya.

Lalu apa yang bisa dilakukan untuk menenangkan pikiran dan rileks sebelum tidur? Berikut enam langkah yang harus dilakukan sebelum tidur.

  • 30 menit sebelum tidur

Gunakan setengah jam terakhir untuk mempersiapkan tidur dengan menyelesaikan tugas. Kirimkan email terakhir, bayar tagihan, dan buat daftar tugas untuk esok hari.

Sebuah studi oleh para ahli di Baylor University di Texas menemukan orang-orang yang membutuhkan waktu lima menit untuk menulis daftar tugas mereka sebelum tidur merasa lebih mudah untuk tidur.

  • 25 menit sebelum tidur

Sekarang waktunya untuk mematikan gawai. Para ilmuwan mengungkapkan sinar dari gawai menekan pelepasan melatonin, hormon yang memberitahu tubuh waktu tidur.

Untuk menghindari melewatkan alarm pagi, simpan ponsel di laci dan jangan disentuh sebelum alarm pagi berbunyi.

  • 20 menit sebelum tidur

Manfaatkan waktu ini untuk menyikat gigi atau membersihkan riasan wajah. Jarak waktu tersebut dianggap pas, karena jika terlalu berdekatan dengan waktu tidur, percikan air bisa membuat kamu segar lagi.

  • 15 menit sebelum tidur

Mungkin saran ini mengejutkan. Tapi, mandi cepat—selama lima menit—membantu kamu tidur cepat. Tapi, pastikan air yang dipakai hangat. Pemanasan tubuh sebenarnya membantu mendinginkan tubuh, yang akhirnya membuat kita tidur nyenyak.

  • 10 menit sebelum tidur

Jangan lupa untuk buang air kecil.  Dari studi yang dilakukan, 42 persen orang tidak tidur nyenyak karena tidak buang air kecil sebelum tidur.

  • 5 menit sebelum tidur

Mulailah untuk tenang, berhenti berbicara dengan pasangan. Tempat tidur berarti tidur, dan lima menit sebelum tidur sudah waktunya untuk diam, tidak ada lagi yang berbicara.

Comments are disabled
Rate this article