Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Pohon Tertua di Dunia sudah ada pada masa Nabi Nuh

Pohon Tertua di Dunia sudah ada pada masa Nabi Nuh

Pohon Tertua di Dunia sudah ada pada masa Nabi Nuh

Berita Unik Dunia : Pohon Tertua di Dunia sudah ada pada masa Nabi Nuh

Heboh, Pohon tertua ini sudah ada sejak terjadi banjir pada masa Nabi Nuh,

Beberapa hari belakangan, muncul meme di jejaring sosial yang menyatakan bahwa pohon tertua di dunia berada di Swedia.

Tes radiokarbon memperkirakan usia pohon jenis spruce ini mencapai 9.550 tahun. Meme satir itu lalu mengklaim pohon ini bahkan jauh lebih tua dari perkiraan ilmuwan Injil yang menyatakan banjir besar masa Nabi Nuh terjadi pada 1.656 sebelum masehi.

Pohon Tertua di Dunia sudah ada pada masa Nabi Nuh

Pertanyaannya, apakah pohon itu benar-benar ada? Majalah National Geographic memastikan pohon itu memang tumbuh di Provinsi Dalarna, tepatnya di wilayah dataran tinggi setempat.

Universitas Umea menyatakan pohon setinggi empat meter ini batangnya baru berusia puluhan tahun. Tapi akarnya dipastikan terus hidup di tempat yang sama sejak nyaris 10 ribu tahun lalu.

“Ketika ada bagian akar yang mati, sudah ada jaringan baru dari akar yang sama,” kata Leif Kullman, guru besar ekologi dan lingkungan Universitas Umea.

Kendati begitu, ilmuwan sedunia belum sepakat bahwa pohon spruce yang biasanya ditebang untuk hiasan natal di Swedia itu sebagai tumbuhan tertua sejagat.

Sejauh ini, para pakar pohon baru bersepakat menobatkan pinus di California sebagai yang tertua di dunia. Pohon jenis bristlecone di AS itu secara ilmiah dipastikan berusia 5 ribu tahun lebih.

Comments are disabled
Rate this article