Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Pesona Singkawang, Chinatown ‘Debus’ di Kalimantan

Pesona Singkawang, Chinatown ‘Debus’ di Kalimantan

Travel Hoki

BeritaHoki.com – Jika biasanya Chinatown di Indonesia punya aneka kuliner lezat, maka berbeda dengan di Singkawang. Inilah kota yang jadi chinatown paling terkenal di Kalimantan karena atraksi Pawai Cap Go Meh yang seperti debus!

Singkawang di Kalimantan Barat dikenal sebagai Chinatown yang penuh budaya. Singkawang pun bisa masuk dalam daftar kunjungan wisata Anda dalam perayaan Imlek yang tinggal menghitung hari. Namun harap diingat, perayaannya di sana bisa bikin dahi mengerenyit.

Dikumpulkan =dari berbagai sumber, Selasa (17/2/2015) kekhasan parayaan Imlek di Singkawang terletak pada parade dan atraksi Pawai Cap Go Meh yang terkenal ekstrem. Pawai Cap Go Meh berlangsung 15 hari setelah Imlek alias penutupan dair rangkaian acara Tahun Baru Imlek. 

Di Pasar Tengah, pusat Kota Singkawang jadi tempat pagelaran Pawai Cap Go Meh tersebut. Peserta pawainya dikenal dengan nama Tatung yang sakti mandraguna.

Mereka akan menentang dan membawa berbagai senjata tajam, dari pisau, golok, pedang sampai gir motor. Sejurus kemudian, mereka akan menusuk atau menebas benda-benda tajam itu ke diri mereka sendiri. Ada pipi yang ditusuk dengan besi panjang, pisau yang ditancapkan ke badan, ada yang berdiri di atas paku yang tajam dan masih banyak lagi aksi ekstrem lainnya. Hii!

Para tatung bukan hanya pria saja, melainkan manula dan anak-anak. Mereka pun melakukan hal serupa, yang bisa buat nyali Anda menciut saat melihatnya.

Tentu, ada ritual yang harus dilakukan terlebih dulu agar mereka selamat dan tidak cidera. Tujuan tatung melakukan itu, sebagai pengusir kemalangan. Berminat melihatnya dari dekat?

 

Comments are disabled
Rate this article