Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Pertemuan Menteri Transportasi, Pemerintah Berharap bisa Tarik Minat Investasi Rp 40 Triliun

Pertemuan Menteri Transportasi, Pemerintah Berharap bisa Tarik Minat Investasi Rp 40 Triliun

Pertemuan Menteri Transportasi, Pemerintah Berharap bisa Tarik Minat Investasi Rp 40 Triliun

Pemerintah berharap bisa menarik investasi sebesar Rp 30 triliun-Rp 40 triliun dalam acara pertemuan Menteri Transportasi Asia-Eropa ke-4 (The 4th Asia-Europe Meeting- Transport Minister Meeting/ASEM-TMM) pada 26-28 September 2017 yang digelar di Bali.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi menuturkan dalam event tersebut, pemerintah akan menawarkan sekitar 12 proyek infrastruktur.

Proyek-proyek tersebut sebagian besar adalah pelabuhan untuk mendukung konektivitas barang. Selain itu, ada juga proyek lainnya seperti bandara.

“Kami mengambil inisiatif menjadikan acara ini bukan hanya untuk pertemuan. Kami juga akan melakukan one on one meeting, termasuk juga membahas investasi,” kata Menhub, Senin (25/9/2017).

Beberapa proyek infrastruktur yang akan ditawarkan di antaranya adalah Makassar New Port dengan nilai investasi Rp 7,7 triliun. Kemudian New Priok Port Development Product Terminal (730 juta dollar AS), pelabuhan Kijing tahap 1 (382 juta dollar AS, pelabuhan Sorong-Seger (180,5 juta dollar AS), serta kanal Cikarang (374 juta dollar AS).

Untuk sektor penerbangan, Kemenhub akan menawarkan investasi pengembangan Bandara Kualanamu Sumatera Utara senilai Rp 20 triliun. Kemudian Bandara Internasional Lombok dengan nilai investasi Rp 1,79 triliun.

Menurut Budi Karya, sudah ada beberapa calon investor yang menyatakan minatnya untuk masuk ke infrastruktur yang ditawarkan tersebut.

“Pelabuhan Kuala Tanjung juga kami tawarkan. Untuk pelabuhan tersebut, sudah ada investor dari China dan Belanda yang menyatakan minatnya,” kata Menhub.

Comments are disabled
Rate this article