Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Perawatan Kulit yang Wajib Dimulai di Usia 20-an

Perawatan Kulit yang Wajib Dimulai di Usia 20-an

Perawatan Kulit yang Wajib Dimulai di Usia 20-an

Di usia 20-an kualitas kulit pada umumnya masih sangat baik. Teksturnya halus, kenyal, dan masalah jerawat puber sudah hilang. Walau relatif bebas dari masalah kulit, tapi rutinitas perawatan kulit (skin care) justru harus dimulai secara rutin.

Perawatan kulit yang baik sejak usia ini akan berbuah manis di usia matang, di mana metabolisme tubuh mulai melambat dan tanda-tanda penuaan muncul.

Untuk menjaga kulit wajah selalu terlihat kencang dan halus, mulailah melakukan rutinitas skin care ini di usia 20-an.

1. Jangan lupa tabir surya
Perlindungan dari sinar matahari adalah bagian yang penting dari perawatan kulit untuk mencegah penuaan dini. Jadi, selalu gunakan tabir surya sebelum beraktivitas.

2. Hapus sisa make up
Jangan pernah tidur tanpa membersihkan muka dari sisa make up dan debu. Minimal selalu bersihkan, gunakan toner, dan pakai pelembab malam, sebelum tidur.

3. Cukup minum
Minum 1,5 liter air setiap hari untuk mendetoks tubuh, menghidrasi kulit, dan membuat penampilan wajah terlihat segar.

4. Jangan berlebihan pakai produk antiaging
Tidak pernah ada kata terlalu dini untuk memakai produk antiaging. Namun, di usia 20-an sebaiknya pilih produk yang memang ditujukan untuk usia ini karena konsentrasinya tidak terlalu tinggi. Produk dengan konsentrasi yang tinggi bisa menyumbat pori dan memicu jerawat.

5. Antioksidan
Jika ingin memiliki kulit sehat, tak ada alasan untuk menyingkirkan buah dan sayuran mengandung antioksidan. Beberapa buah yang direkomendasikan antara lain berries yang bisa melawan kerusakan sel.

6. Investasi di krim mata
Dalam hal krim mata, lebih dini lebih baik. Kamu bisa mencegah timbulnya garis halus dan kerutan di sekitar mata dengan rutin memakai krim mata.

7. Hindari gula berlebihan
Konsumsi makanan yang bernutrisi karena akan berdampak langsung di kulit. Sebaiknya hindari makanan yang mengandung gula tinggi, termasuk buah dan jus yang manis, karena bisa memicu komedo dan mempercepat penuaan dini.

8. Mencoba rutinitas skincare
Jangan hanya ikut-ikutan teman, tapi kamu harus mengamati sendiri produk skincare apa yang tepat untuk kulitmu. Luangkan waktu untuk melakukan rutinitas skincare, mulai dari membersihkan, memakai toner, pengangkatan sel kulit mati (exfoliant), serum, krim retinoid, dan pelembab.

9. Rutin facial
Melakukan facial secara rutin di klinik kecantikan (bukan salon) sangat bermanfaat untuk mengangat sel kulit mati. Rutinitas ini juga bisa menjaga kulit terhidrasi, bersih, dan terlihat bersinar.

10. Konsumsi lemak sehat
Jangan memusuhi lemak, terutama lemak sehat yang kaya omega-3. Jenis lemak sehat yang disarankan antara lain alpukat tanpa gula, minyak zaitun, kacang-kacangan, dan juga ikan laut dalam.

Comments are disabled
Rate this article