Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Pekerja konstruksi temukan jasad yang diduga tubuh Shah Iran dalam reruntuhan

Pekerja konstruksi temukan jasad yang diduga tubuh Shah Iran dalam reruntuhan

Pekerja konstruksi temukan jasad yang diduga tubuh Shah Iran dalam reruntuhan

Seorang pekerja konstruksi di Teheran selatan, tak sengaja menemukan tubuh setengah utuh di sebuah kuil Syiah di Teheran. Tak butuh waktu lama, foto penemuan jasad tersebut pun menyebar dengan cepat.
 
Menimbulkan spekulasi bahwa itu merupakan mumi dari jasad penguasa Iran Reza Shah Pahlavi, yang dikuburkan pada 1944.
 
Reza Shah Pahlavi adalah ayah dari Mohammad Reza Pahlavi, yang digulingkan dari kekuasaannya dalam Revolusi Iran tahun 1979.
 
Menurut penuturan orang-orang, Pahlavi dimakamkan di sebuah makam di dekat kuil tersebut. Tetapi kemudin makam itu diledakkan oleh revolusioner Iran ketika mereka mencoba untuk menghapus semua jejak rezim sebelumnya. Mayat Shah tidak pernah ditemukan di reruntuhan dan telah hilang selama hampir 40 tahun.
 
Kepala Komite Warisan Teheran, Hassan Khalilabadi mengatakan, kemungkinan itu adalah jasad mantan pemimpin Iran. “Ini akan diperiksa oleh badan-badan yang bertanggung jawab,” katanya, dikutip dari laman Telegraph, Rabu (25/4).
 
Warisan Pahlavi adalah subjek tabu bagi pemerintah Iran. Mohammad Reza Pahlavi adalah sosok kontroversial, di mana kebanyakan orang Iran lebih menyukai sosok ayahnya, karena program modernisasi dan kebebasan berekspresi bagi perempuan.
 
Jika jasad yang ditemukan di Teheran itu benar-benar milik Reza Shah Pahlavi. Maka penguasa Iran saat ini mungkin memiliki tugas yang rumit untuk mencari tahu apa yang harus dilakukan dengan hal itu. Di satu sisi mungkin pihak oposisi akan memanfaatkan penemuan tersebut untuk menyerang pemerintahan.
 
Seorang juru bicara Shah, Abdol Azim mengatakan, bahwa mayat itu bukan milik Pahlavi. “Semua rumor di media sosial yang mengklaim tubuh mumi ini milik Reza Shah salah dan tidak ada kebenaran apa pun,” ujar dia.
 
Sedangkan cucu Pahlavi, Reza Pahlavi, mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa dia mengikuti setiap pemberitaan mengenai penemuan jasad yang diduga kakeknya. Dia bahkan memperingatkan Pemerintah Iran untuk secara transparan menangani permasalahan ini.
 
Otoritas Iran mengatakan mayat itu telah dimakamkan kembali. Tidak jelas langkah apa yang akan diambil pihak Iran untuk memverifikasi apakah badan itu milik Pahlavi atau bukan.
Comments are disabled
Rate this article