Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Ojek Zaman Dulu Memakai Tandu

Ojek Zaman Dulu Memakai Tandu

Ojek Zaman Dulu Memakai Tandu

Berita Terbaru Hari Ini - Ojek Zaman Dulu Memakai Tandu

Ojek merupakan salah satu jenis kendaraan sewa beroda dua khas Indonesia. Jenis transportasi publik ini menjadi opsi favorit bagi banyak orang ketika angkutan lain seperti bus dan taksi terjebak macet.

Tapi siapa sangka, ternyata jasa ojek sudah ada sejak zaman belum ada kendaraan bermotor di kalangan masyarakat Indonesia. Foto yang diunggah oleh Endang Suhendar pada Senin (6/7)‎ ini menunjukkan bagaimana ojek pada

tahun 1900-an beroperasi.

Ojek saat zaman Indonesia belum meraih kemerdekaan ini beroperasi dengan sistem tandu. Penumpang duduk di dalam sebuah kurungan dari bambu dan ditandu oleh dua tukang ojek dengan bantuan sebilah bambu.

“Orang dulu menyebutnya Angkot Tandu. Foto ini diambil pada tahun 1900-1940 di Cianjur, Priangan, Jawa Barat,” tulis Suhendar menjelaskan foto jadulnya yang diperoleh dari Museum Belanda itu.

Salah seorang teman Suhendar, Suradal Jayengwinarso, menuturkan bahwa ojek zaman dahulu sangat antik dan unik. Menurutnya cara kerja ojek zaman dahulu ini bisa diadopsi untuk transportasi di kawasan wisata.

“Banyak jalan untuk mencari nafkah, dari yang hasilnya banyak tetapi risikonya banyak, sampai dengan yang hasilnya sedikit tetapi berkah,” tutur Suhendar.

 

Comments are disabled
Rate this article