Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / NASA ciptakan robot cumi-cumi untuk berburu alien di Europa

NASA ciptakan robot cumi-cumi untuk berburu alien di Europa

Tekno Hoki

BeritaHoki.com – Badan antariksa Amerika, NASA, sepertinya akan melakukan apa saja demi menemukan alien di luar angkasa. Buktinya, NASA baru saja memamerkan robot cumi-cumi yang didesain untuk menelusuri jejak alien. Mengapa harus cumi-cumi?

Ternyata NASA ingin melakukan pencarian alien ke planet-planet yang memiliki lautan, seperti Europa. Planet-planet yang mempunyai sumber air sejak lama dianggap ilmuwan paling berpotensi ditempati oleh alien.

Europa sendiri tercatat sebagai salah satu satelit dari planet Jupiter. Yang membuat ilmuwan penasaran, Europa diketahui kerap menyemburkan air dari permukaanya. Oleh sebab itu, ilmuwan NASA yakin bila di bawah permukaan Europa ada samudra dengan kedalaman lebih dari 100 kilometer.

Nah, untuk meneliti samudra di bawah permukaan Europa itu lah NASA menciptakan sebuah robot dengan bentuk mirip cumi-cumi.

“Kami mengajukan sebuah rancangan robot eksplorasi (rover) di Europa dan planet lain di mana robot-robot memungkinkan investigasi ilmiah yang mustahil dilakukan manusia,” ujar Mason Peck, ilmuwan NASA yang mengajukan konsep robot cumi-cumi itu, Daily Mail (08/05).

Lalu, bagaimana cara kerja robot cumi-cumi itu?

Setelah diterjunkan menggunakan satelit, robot ini bisa masuk ke celah-celah sumber air Europa untuk masuk ke samudra di bawah permukaanya.

Agar si robot bisa bergerak dan melakukan eksplorasi lebih dalam, terdapat antena di belakang tubuhnya yang berfungsi mendapatkan energi dari medan magnet di Europa. Hebatnya, robot itu juga mempunyai kemampuan memecah air menjadi sumber energi untuk bisa terus bergerak.

Comments are disabled
Rate this article