Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Napas Bau ‘Naga’ saat Puasa, Cegah dengan Cara Ini

Napas Bau ‘Naga’ saat Puasa, Cegah dengan Cara Ini

Napas Bau 'Naga' saat Puasa, Cegah dengan Cara Ini

MENJALANI puasa memang sangat seru dan menyenangkan. Selain melaksanakan kewajiban sebagai umat muslim, puasa juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada juga beberapa masalah yang membuat masyarakat menjadi kurang pede saat menjalani ibadah puasa.

Ya, bau mulut merupakan salah satu faktor yang menyebabkan orang menjadi tidak percaya diri saat menjalani ibadah puasa. Apalagi bagi mereka yang masih melakukan aktivitas kerjanya dengan normal seperti bertemu klien atau orang-orang penting lainnya.

Tapi sebenarnya Anda tak perlu khawatir. Bau mulut merupakan sebuah gejala yang lazim dialami setiap orang yang menjalani puasa. Meski tidak bisa dihilangkan 100 persen, namun Anda masih memiliki potensi untuk menguranginya.

Dokter Spesialis Gizi Klinik, Dr. Jovita Amelia, M.Sc, Sp.GK, akan memberikan beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi bau mulut pada saat berpuasa. Salah satu hal sederhana yang bisa Anda lakukan adalah menghindari makanan tertentu.

Makanan yang mengandung banyak gas seperti ubi, sawi dan kubis wajib sekali dihindari. Pasalnya gas yang menumpuk di dalam perut akan menciptakan bau yang tidak sedap pada mulut. Hindari juga makan gorengan dan makanan berminyak saat sahur, pasalnya makanan tersebut akan mempermudah pengosongan lambung yang menyebabkan asam lambung menjadi naik.

Tak hanya menjaga makanan, minum air putih dalam jumlah yang cukup juga bisa mengurangi bau mulut saat berpuasa. Sikat gigi, berkumur dengan antiseptik mulut serta menggunakan penyegar mulut, bisa menjadi solusi alternatif lainnya.

“Anda bisa mengurangi bau mulut dengan memenuhi asupan makanan dan minuman yang cukup. Hindarilah mengonsumsi berbagai bahan makanan yang mengandung gas seperti ubi, sawi dan kubis,” tegas Dr. Jovita, saat ditemui dalam sesi wawancara bersama Halodoc, Minggu (13/5/2018).

“Jika Anda masih kurang pede, Anda bisa menyikat gigi dan berkumur setelah makan sahur. Selain itu menggunakan penyegar mulut bisa menjadi cara lain untuk menghindari bau yang tidak sedap,” lanjutnya.

Comments are disabled
Rate this article