Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Mudik… Mudik… Mudik…

Mudik… Mudik… Mudik…

Berita hoki.com, Jakarta - Oleh: Tim Liputan6.com

Lebaran sebentar lagi, tinggal menghitung hari. 2 Hari lagi. Masyarakat pun berbondong-bondong mudik menuju kampung halaman, agar bisa merayakan hari raya bersama sanak saudara.

Arus mudik tahun ini mulai terasa H-7 Lebaran, atau pada awal pekan kemarin. Kawasan Cikampek, Jawa Barat yang semula sepi pun sudah terlihat mulai ramai sejak pagi. Kondisi itu membuat petugas lalu lintas setempat memasang rambu-rambu lalu lintas tambahan di beberapa titik tertentu.

Kapolri Jenderal Polisi Sutarman mengatakan, meskipun arus mudik Lebaran sudah menuju titik tertinggi dalam 2 malam terakhir, puncaknya sendiri diperkirakan baru akan terjadi pada Jumat ini dan Sabtu besok. Jumat ini, 100 ribu lebih kendaraan melintasi Tol Jakarta-Cikampek.

Sementara penumpukan truk ekspedisi pengangkut barang dagangan dan industri di Pelabuhan Merak, Banten, bahkan sudah terjadi sejak Jumat 18 Juli.

Informasi yang dihimpun Berita hoki.com, Sabtu (26/7/2014), pihak ASDP Merak (Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan) mengoperasikan 5 dermaga untuk mengantisipasi antrean di luar pelabuhan. Pihak ASDP juga membuka 7 kantong parkir di dalam pelabuhan sekaligus menambah jumlah kapal roro (roll on-roll off).

Sementara guna menyemarakkan mudik, ribuan eksemplar peta mudik Lebaran pun dibagikan Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang. Hal tersebut dilakukan untuk memperlancar para pemudik pulang ke kampung halaman. Pembagian peta tersebut dilakukan Dishub setempat di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang.”Sudah dari H-8 kami membagikannya, kepada pengunjung terminal dan juga dibagikan di posko-posko yang didirikan Dishub,” ujar Kepala Ketertiban, Keamanan, Kebersihan, dan Keindahan Terminal Poris Plawad, Sukardi.

Di dalam peta tersebut. juga diberikan petunjuk beberapa jalur alternatif untuk menghindari kemacetan. Serta ada pula keterangan terkait rumah sakit dan beberapa tempat peristirahatan. Jalur alternatif yang meliputi Kejapana menuju Surabaya, jaringan jalan Suramadu serta Jaringan jalan tol dari Jakarta-Merak. Kemudian Jakarta-Cikampek-Purwakarta-Bandung Cileunyi, serta Jakarta-Bogor-Ciawi.

Simak info-info mudik di halaman berikutnya

Comments are disabled
Rate this article