Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ ARTIS HOKI / Mengenang Andika Putrasahadewa, Intip Perjalanan Kariernya Bersama Kerispatih

Mengenang Andika Putrasahadewa, Intip Perjalanan Kariernya Bersama Kerispatih

Mengenang Andika Putrasahadewa, Intip Perjalanan Kariernya Bersama Kerispatih

Grup band kerispatih masih diselimuti duka mendalam. Selasa 11 April 2018, Andika Putrasahadewa yang merupakan bassist band ini telah berpulang untuk selamanya. Bersama Kerispatih, Andika telah menjalani karier yang cukup panjang yaitu 15 tahun.
 
Dari berbagai sumber, Andika bersama ketiga rekannya yang merupakan mahasiswa Institut Musisi Indonesia yakni Arif, Badai dan Anton membentuk grup band Kerispatih pada pada 21 April 2003. Awalnya grup band tersebut bertemakan instrumental etnik.
 
Kemunculan pertama mereka adalah di acara Farabi Sunday tanggal 22 April 2003. Merekapun merekrut Sammy, rekan satu kampus mereka yang merupakan salah satu finalis 30 besar Indonesian Idol 2004, sebagai vokalis.
 
Tahun 2004 mungkin merupakan masa yang tidak dapat dilupakan oleh Andika dan keempat rekannya di Kerispatih karena pada tahun tersebut mereka mulai rekaman. Mereka bergabung dalam proyek album kompilasi bertajuk Gulalikustik yang dirilis September 2004, dengan label Nagaswara.
 
Keikutsertaan mereka pada album ini berawal dari acara yang diselenggarakan oleh sebuah Stasiun Radio Swasta (88.00 Mustang FM) yang diberi nama Gulali (Lagu Gue Cendili), yang memang menjadi wadah bagi pencipta dan band baru Indonesia. Gayung bersambut, pihak Mustang menawari Kerispatih dalam proyek kolaborasi tersebut. Di album tersebut mereka menyumbang 2 buah lagu, Lupakan Aku dan Sebentuk Hati Buat Kekasih.
 
Tahun 2005, Andika dan keempat rekannya yang tergabung dalam Kerispatih merilis album pertama yang bertajuk “Kejujuran Hati”. Singel-singel yang dirilis di album ini adalah antara lain Kejujuran Hati, Cinta Putih dan Lagu Rindu. Album ini mendapat Platinum Awards 2006. Kesuksesan mereka dibuktikan juga dengan mendapat penghargaan sebagai Album Pendatang Baru Ngetop dalam sebuah ajang penghargaan di salah satu stasiun televisi swasta.
 
Pada tahun 2007, Kerispatih mengeluarkan album keduanya yang berjudul “Kenyataan Perasaan”. Beberapa single di album ini antara lain, Mengenangmu, Tapi Bukan Aku dan Sepanjang Usia. Sama seperti album sebelumnya, album ini pun mendulang kesuksesan dengan mendapatkan Platinum Awards 2007.
 
Juni 2008, bersama grup band yang telah membesarkan namanya itu, Andika merilis album ketiga yang berjudul “Tak Lekang Oleh Waktu“. Bila Rasaku Ini Rasamu, menjadi lagu perdana yang dikeluarkan Kerispatih di album ketiga ini.
 
Pada akhir 2009, Kerispatih merilis album keempatnya yang berjudul “Semua Tentang Cinta”. Lagu utama di album keempat tersebut adalah Aku Harus Jujur. Pada awal tahun 2010, Kerispatih sukses menggelar konser pertamanya di luar negeri di Hong Kong.
 
Lima belas tahun bukanlah waktu yang sebentar untuk Andika turut membesarkan nama Kerispatih. Nama Andika akan selalu dikenang sebagai bassis dan pendiri grup band Kerispatih.
 
Andika Putradewasaha mengembuskan napas terakhir Selasa (10/4/2018). Semua berawal saat Andika sempat terjatuh dan kemudian dilarikan ke rumah sakit. Andika kemudian didiagnosis terkena stroke namun setelah itu, keadaannya mulai membaik. Melihat kondisinya itu, Andika sempat dibawa pulang. Namun, Andika mengembuskan napas terakhir dalam keadaan sedang tertidur.
Comments are disabled
Rate this article