Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Mencari Peruntungan Bertemu Orangutan di Danau Sentarum

Mencari Peruntungan Bertemu Orangutan di Danau Sentarum

Mencari Peruntungan Bertemu Orangutan di Danau Sentarum

Taman Nasional Betung Kerihun dan Danau Sentarum berada di Kabupaten Kapuas Hulu, Kalimantan Barat. Perjalanannya cukup panjang untuk sampai ke Taman Nasional ini yang luasnya sekitar  945.000 ribu hektar. Letaknya tepat di perbatasan Indonesia dengan Negara Bagian Sarawak, Malaysia.

Perjalanan dari Jakarta ke Pontianak, ibu kota Kalimantan Barat. Dari Pontianak bisa melalui jalur darat sekitar 18-20 jam. Lebih efektif dengan penerbangan ke Bandara Pangsuma di kota Putussibau, Kapuas Hulu. Hanya sekitar 1 jam penerbangan.

Untuk meningkatkan pariwisata di kawasan Taman Nasional Betung Kerihung dan Danau Sentarum ini, Pemerintah Pusat dan daerah membangun bandara baru Putussibau disertai pembangunan jalan yang memadai. Jadi jangan khawatir masalah infrastruktur sudah jauh lebih baik dari era sebelumnya.

Setelah sekitar 2 jam dari Putussibau, tiba di kota Lanjak. Dari Lanjak, KompasTravel menggunakan boat menuju kawasan pinggiran Danau Sentarum.

Selama perjalanan, wisatawan disuguhi pemandangan Danau Sentarum yang memiliki panorama yang teduh dan cantik. Berbagai bukit, tanaman tengah danau, disertai warna warni langit dan air danau yang alami.

Udaranya sangat menyegarkan. Boat juga harus menelusuri sungai-sungai kecil penghubung antar-danau.

Setelah sekitar 2 jam, turis singgah di Pusat Penelitian Orangutan di kaki bukit Peninjau. Penelusurannya harus melewati medan lumayan berat seperti di tengah hutan.

“Biasa ada orangutan muncul di sini. Kalau ada ya kita tenang saja jangan buat gerakan panik,” ujar Tamin, salah seorang tokoh desa setempat.

Ah sayang, KompasTravel kurang beruntung. Kami hanya menemukan sarang orangutan di atas pohon. Warna ranting dan daunnya juga sudah menghitam artinya sudah lama ditinggalkan.

Tamin menambahkan penduduk lokal juga beberapa kali melihat monyet ekor panjang dan bekantan. Ditambah berbagai macam burung seperti elang dan bekakak emas.

Balai Penelitian Orangutan di Danau Sentarum ini adalah salah satu tujuan wisata alam atau ekowisata di Kalimantan Barat.

Sejauh ini data yang ada di Taman Nasional Danau Sentarum dan Betung Kerihung tercatat sekitar 700 orangutan.  Siapa yang mau mencoba peruntungan bertemu orangutan? Ya siapa tahu bisa bertemu di kaki bukit Peninjau sini.

Comments are disabled
Rate this article