Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Mau Turunkan Kolesterol? Ini Solusi “Rumahan” yang Efektif

Mau Turunkan Kolesterol? Ini Solusi “Rumahan” yang Efektif

Mau Turunkan Kolesterol? Ini Solusi "Rumahan" yang Efektif

Kolesterol tinggi adalah salah satu alasan utama penyakit jantung.

Sambil memetakan faktor risiko, dokter biasa menyarankan pasiennya untuk menguji kadar kolesterol total, Low Density Lipoprotein (LDL), dan High Density Lipoprotein (HDL).

Kadar kolesterol total dan LDL yang tinggi meningkatkan risiko penyakit jantung, sementara kadar HDL tinggi merupakan faktor pelindung.

Diet harian memainkan peran penting dalam mencapai dan mempertahankan kondisi kesehatan.

Kolesterol tinggi dapat dicegah dan dikendalikan secara efektif dengan kombinasi diet yang baik, olahraga teratur, berat badan ideal, dan gaya hidup sehat secara keseluruhan.

Selain itu, Dr. Rupali Datta, Ahli Nutrisi Klinis yang dikutip laman NDTV juga memiliki solusi “rumahan” dengan menggunakan bahan dapur, yang dapat membantu mengendalikan kadar kolesterol tinggi.

1. Bawang putih

Bawang putih telah lama dikenal dengan khasiatnya yang meningkatkan kesehatan.

Bawang putih mengandung asam amino, vitamin, mineral, dan senyawa organosulfur seperti allicin, ajoene, s-allylcysteine, s-ethylcysteine, dan diallylsulfide.

Senyawa belerang ini dikatakan sebagai bahan aktif yang memberikan sifat terapeutik pada bawang putih.

Sejumlah penelitian ilmiah telah membuktikan bawang putih efektif menurunkan kolesterol total dan kolesterol LDL secara signifikan.

Khasiat lainnya adalah pada tekanan darah dan potensi antioksidan darah.

Mengkonsumsi separuh sampai satu siung bawang putih setiap hari bisa menurunkan kadar kolesterol hingga sembilan persen.

2. Teh hijau

Mungkin teh hijau adalah salah satu cairan yang paling banyak dikonsumsi setelah air. Teh hijau dikenal kaya polifenol.

Senyawa ini memberikan manfaat kesehatan yang sangat besar bagi tubuh manusia.

Konsentrasi polifenol yang tinggi tak hanya berkhasiat menurunkan kolesterol LDL, namun juga meningkatkan kolesterol HDL.

Sebuah penelitian berbasis populasi menunjukkan, pria yang minum teh hijau memiliki kadar kolesterol lebih rendah dibandingkan dengan mereka yang tidak.

Studi itu pun telah menunjukkan, polifenol dalam teh dapat menghambat penyerapan kolesterol di usus, dan juga membantu menyingkirkannya.

Suguhuan 2-3 cangkir teh hijau sehari baik untuk memperbaiki kadar kolesterol.

3. Ketumbar

Bumbu dapur ini pun dipercaya mampu membantu kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Buah amla atau malaka

Buah ini adalah salah satu sumber vitamin C dan senyawa fenolik, selain mineral dan asam amino.

Selain mengurangi kolesterol, buah malaka memberikan manfaat tambahan untuk perlindungan terhadap aterosklerosis dan penyakit jantung koroner (CAD).

Aterosklerosis adalah radang pada pembuluh darah manusia yang disebabkan penumpukan plak ateromatus.

Asupan buah malaka secara rutin tidak hanya mengurangi kadar kolesterol jahat, tapi juga mengurangi kerusakan akibat oksidasi.

1-2 buah ini bisa dikonsumsi rutin setiap hari.

Satu hal yang perlu dicermati dengan baik adalah, seluruh makanan tersebut harus dikonsumsi dalam bentuk alami, sebagai bagian dari gaya hidup sehat demi mencapai tujuan kesehatan.

Selain itu, meski Anda telah mencoba tips ini, namun obat untuk menurunkan kolesterol yang anda pakai selama ini, jangan dihentikan kecuali atas perintah dokter.

Comments are disabled
Rate this article