Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Mahkota dan Bola Kerajaan Swedia Dicuri, Pelaku Kabur dengan Kapal Motor

Mahkota dan Bola Kerajaan Swedia Dicuri, Pelaku Kabur dengan Kapal Motor

Mahkota-dan-Bola-Kerajaan-Swedia-Dicuri,-Pelaku-Kabur-dengan-Kapal-Motor

Kepolisian Swedia mengerahkan pasukan darat, air dan udaranya untuk memburu dua orang yang telah mencuri dua mahkota dan bola kerajaan abad ke-17 dari sebuah gereja di tengah hari bolong pada Selasa. Kedua pencuri itu berhasil melarikan diri dengan menggunakan kapal motor.
 
Dalam pencurian yang mirip plot film Hollywood, mahkota miliki dua anggota keluarga Kerajaan Swedia dari abad ke-17, Raja Karl IX dan Ratu Kristina, dicuri oleh dua orang yang membobol sebuah gereja di tenggara Swedia. Mereka juga mengambil dua buah bola kerajaan, simbol kekuasaan raja berbentuk bola dengan salib di atasnya.
 
Polisi mengatakan, tanda kerajaan yang dicuri adalah “obyek nasional yang tak ternilai” dan tidak bisa ditaksir harganya. Mahkota dan bola itu dilaporkan ditampilkan dalam kotak kaca terkunci, yang pada akhirnya terbukti tidak dapat menghentikan kedua pencuri tersebut.
 
Setelah mengambil harta negara tersebut, para pencuri melompat ke sebuah kapal motor kecil dan pergi dengan jarahannya. Keduanya masih buron meski polisi telah meluncurkan perburuan sekala besar untuk menangkap mereka.
 
Ratu Kristina, yang memerintah Swedia dari 1632-1654, dan Karl IX, Raja Swedia pada 1604-1611, dimakamkan dengan mengenakan mahkota yang dicuri sekarang, tetapi tanda-tanda kerajaan itu kemudian dipamerkan untuk para pengunjung gereja.
 
Polisi telah meminta kepada publik untuk informasi apa pun yang dapat membantu penangkapan kedua pelaku. Juru Bicara Polisi, Thomas Agnevik mengakui bahwa sejauh ini pengejaran yang dilakukan tidak membuahkan hasil.
 
Pihak berwenang bahkan tidak dapat memberikan deskripsi yang jelas terkait dua pelaku. Kedua pencuri dideskripsikan “bertubuh kecil dengan kapal motor terbuka”.
 
“Kami memiliki beberapa informasi berbeda tentang bagaimana tepatnya kapal itu terlihat. Kami sekarang memeriksa semua kiat yang kami terima,” kata Agnevik sebagaimana dilansir, Rabu (1/8/2018).
 
Polisi percaya bahwa para pelaku mungkin telah meninggalkan perahu motor mereka dan berganti menggunakan mobil dan pergi ke barat, atau ke timur menuju Ibu Kota Stockholm. Karena tidak jelas jalan apa yang mungkin diambil para tersangka, polisi berusaha untuk menutupi semua rute pelarian.
 
“Kami menyebar ke segala arah,” ujar Agnevik.
Comments are disabled
Rate this article