Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Lencois Maranhenses, keindahan gurun seribu oase di Brasil

Lencois Maranhenses, keindahan gurun seribu oase di Brasil

Travel Hoki

Dataran pasir berwarna putih cemerlang seluas 1.000 kilometer persegi di Maranhao, Brasil, menjadi rumah bagi puluhan kolam jernih tanpa akhir. Danau-danau dengan air jernih kehijauan memenuhi dataran pasir di sana.

Dilaporkan situs Amusing Planet, dataran pasir Lencois Maranhenses terbentuk karena proses alami yang berlangsung selama ribuan tahun. Lokasinya yang berada di lepas cekungan Amazon membuat daerah ini menjadi kolam raksasa saat musim hujan tiba. Akibatnya curahan air hujan memenuhi seluruh lembah.

Saat frekuensi turunnya hujan mulai berkurang, volume air yang membanjiri lembah pun berkurang. Sebagian menguap, menyisakan cekungan-cekungan kecil berisi air jernih yang kemudian berubah menjadi kolam temporer pada bulan Juli hingga September.

Uniknya, kolam-kolam tersebut juga menjadi rumah sementara bagi ikan-ikan yang telurnya terbawa oleh burung laut. Pepohonan palem dan bakau ikut menambah permainya pemandangan di taman nasional ini.

Namun saat musim kemarau datang, kolam-kolam ini akan menghilang. Menunggu hingga musim hujan datang kembali.

Ingin menyaksikan sendiri keindahan Lencois Maranhenses yang menakjubkan? Kunjungi saja tempat ini pada bulan September. pada bulan tersebut, kolam-kolam di sana masih penuh dengan air, sementara musim hujan belum tiba.

Comments are disabled
Rate this article