Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ ARTIS HOKI / KPI: Fans Anang cuma minoritas, tak perlu live lahiran 3 jam

KPI: Fans Anang cuma minoritas, tak perlu live lahiran 3 jam

beritahoki artis

BeritaHoki.comKomisi Penyiaran Indonesia (KPI) menilai tayangan program Silet di RCTI mengenai kelahiran buah hati Anang-Asyanti adalah pelanggaran. Sebab, program tayangan tersebut dinilai telah melanggar asas-asas izin pemberian frekuensi terhadap stasiun televisi.

“Televisi yang menggunakan frekuensi milik publik harus diatur ketat. Ada 3 azas dalam pemberian frekuensi: public interest, public necesity dan public convinience. Jika salah 1 azas ini dilanggar saja, maka hak masyarakatpun akan terlanggar,” kata Komisioner KPI Agatha Lily saat dihubungi wartawan, Jakarta, Senin (15/12).

Menurut dia, program tayangan kelahiran buah hati Anang-Asyanti itu sebetulnya tidak ada larangan.

“Boleh tapi harus menjunjung tinggi azas kenyamanan dan kepentingan publik. Misalnya kepantasan durasinya, kalau sampai 3 jam lebih tentu ada hak masyarakat atas informasi yang terlanggar,” jelas Agatha.

“P3 dan SPS pasal 11 jelas dikatakan bahwa isi siaran harus mengutamakan kepentingan publik bukan kelompok tertentu,” imbuhnya.

Memang diakui Agtha, ada sekelompok minoritas yang ngefans dengan Anang dan Ashanty. Tetapi, tegas dia, tayangan live selama 3 jam tersebut juga tidak bisa mengambil hak publik yang lebih besar untuk mendapatkan informasi pendidikan.

“Benar bahwa ada sekelompok masyarakat yang menyukai Anang Ashanty dan perlu dihargai, tapi ada kelompok masyarakat yang lebih besar yang mungkin kehilangan hak atas informasi akibat siaran yang terlampau panjang durasinya,” tegas anggota KPI bidang isi siaran itu.

“Tapi sekali lagi semua tayangan harus mengutamakan kepentingan dan kenyamanan publik. Siaran yang layak adalah siaran yang tidak berlebihan exposurenya. Dan fungsi KPI untuk mengingatkan lembaga penyiaran akan hal ini,” tandasnya.

Comments are disabled
Rate this article