Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Kiprah Yamaha di Indonesia, produksi 3 Juta unit dan 4.300 dealer

Kiprah Yamaha di Indonesia, produksi 3 Juta unit dan 4.300 dealer

OTOMOTIF HOKI

BeritaHoki.com - Bulan lalu PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) genap menancapkan kakinya di Indonesia selama 40 tahun. Dari hasil kiprah perjalanannya selama 40 tahun, bisa dibilang Yamaha Indonesia telah meraih sukses dan diakui sebagai salah satu perusahaan otomotif sepeda motor yang terpandang dengan sejumlah pencapaian mengagumkan.

“Selama 4 dekade usia Yamaha di Indonesia, kami telah melewati banyak suka dan duka serta menjadi perusahaan yang dicintai konsumen,” ujar Dyonisius Beti, Executive Vice President PT YIMM.


Berdiri pada 6 Juli 1974, Yamaha memiliki dua bagian besar yaitu 2 manufacturing dan 4 produsen parts atau 6 pabrik. Perkembangannya yang pesat lantas melahirkan 7 group company dan 160 vendor yang tersebar di Jabodetabek dan Jakarta Timur. Sejalan dengan itu kapasitas produksi pun tinggi mencapai 3 juta unit sepeda motor per tahun.

Sejak berdiri pada 1974 hingga 2014 ini Yamaha Indonesia telah memproduksi 30 juta unit motor. Jika melihat dari 5 tahun terakhir (2010 – Juni 2014), segmen matik penyumbang terbesar dalam penjualan Yamaha yaitu 52,9 persen, bebek 32,5 persen, dan sport 14,6 persen.

Tercatat pula jaringan dan dealernya mencapai 4.300 dimana di dalamnya itu termasuk 6 DDS (Direct Distribution System) atau yang dikenal dengan Flagship Stores (FSS) di Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Bali, Jambi, Madiun-Kediri.

Dalam program CSR (Corporate Social Responsibility Yamaha bekerjasama dengan 500 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di seluruh Indonesia. Selain itu YIMM punya Yamaha Engineering School (YES). Sekolah mekanik gratis Yamaha ini hadir di Indonesia sejak tahun 1990 dan telah mendidik 3.406 orang di 12 kota dimana YES Training Center berada.

YES sebagai lembaga pendidikan di bidang otomotif melahirkan teknisi-teknisi handal. Program CSR ini kemudian diakui sebagai yang terbaik di tingkat dunia melalui penghargaan Presiden Award di Jepang pada 2006.

Sementara di segmen sport, tahun ini Yamaha menggebrak dengan meluncurkan dua jagoannya, R15 dan R25. Sudah lama dinantikan dan akhirnya mimpi itu terpenuhi, membuat konsumen agresif memburunya.
Strategi menjual lewat inden online berhasil mencetak sejarah dalam penjualan sepeda motor di Indonesia dimana ribuan unit langsung ludes dalam satu hari.

Antusiasme besar konsumen berlanjut di “pasar nyata” baik di dealer maupun event Yamaha dimana sebagian besar konsumen melakukan pembelian. Seperti di launching R15 dan R25 yang dilakukan Yamaha pusat maupun area-area dan bagaimana momen Jakarta Fair menjadi saksi meledaknya penjualan R15 dan R25 hingga ratusan unit.

Bahkan R15 penjualannya tertinggi dibandingkan tipe motor lainnya termasuk dari segmen matik. Dari data Asosiasi Industri Sepedamotor Indonesia (AISI), di bulan Mei yang merupakan bulan pertama catatan penjualan R15, ada 5.394 unit yang terjual.

Ekspor Global R25

Kesuksesan Yamaha di Indonesia sebagai salah satu perusahaan otomotif roda dua papan atas di Indonesia, membuat namanya pun harum di level internasional. Tidak heran Yamaha Indonesia ditunjuk menjadi basis produksi untuk market domestik dan ekspor global R25. Ahli dan engineer Indonesia ikut aktif membangun produk motor sport teranyar ini yang beredar di pasar dalam negeri.

“Sebagai bentuk penghargaan terhadap kerja keras dan keberhasilan ini, Yamaha Motor Company (YMC) Japan mempercayakan Yamaha Indonesia sebagai basis ekspor R25. Dengan pengalaman sudah 25 tahun Yamaha Indonesia melakukan ekspor, kami yakin kepercayaan itu akan terbayar memuaskan,” punkgas Beti.

Comments are disabled
Rate this article