Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Ketahui cara deteksi penyakit lewat kaki!

Ketahui cara deteksi penyakit lewat kaki!

Sehat Hoki

BeritaHoki.com – Kondisi kaki Anda bisa menunjukkan apa yang terjadi pada kesehatan tubuh Anda. Untuk mengetahui bagaimana kesehatan Anda, berikut adalah hasil rangkuman kami dari WebMD tentang cara mendeteksi penyakit lewat kaki.

1. Kaki terasa dingin, banyak penyebab

Jika jari-jari kaki Anda selalu dingin, salah satu alasan yang mungkin untuk kondisi itu adalah karena aliran darah yang buruk. Masalah peredaran darah yang buruk kadang-kadang terkait dengan kebiasaan merokok, tekanan darah tinggi, atau penyakit jantung.

Kerusakan saraf yang tidak terkontrol juga bisa membuat kaki terasa dingin. Penyebab lainnya mungkin hipotiroidisme dan anemia.

2. Terasa nyeri

Kaki terasa nyeri sepulang bekerja atau beraktivitas di luar rumah, itu mungkin disebabkan sepatu Anda. Olahraga yang terlalu keras, seperti basket dan lari jarak jauh, juga dapat meningkatkan rasa nyeri di kaki.

3. Kaki berwarna merah, putih, dan biru

Penyakit Raynaud dapat menyebabkan jari-jari kaki memutih, kemudian berubah kebiruan, dan kemudian memerahkan lagi dan kembali ke warna alami mereka. Penyebabnya adalah penyempitan arteri yang tiba-tiba, yang disebut vasospasms.

Stres atau perubahan suhu dapat memicu vasospasms – biasanya tidak menyebabkan masalah kesehatan lainnya. Raynaud mungkin juga terkait dengan rheumatoid arthritis, penyakit Sjoegren, atau masalah tiroid.

4. Nyeri di tumit

Penyebab paling umum dari nyeri tumit adalah plantar fasciitis, radang yang terjadi ketika ligamen melekat pada tulang tumit. Rasa sakit yang paling tajam terjadi ketika Anda pertama kali bangun dan memberikan tekanan pada kaki. Arthritis, olahraga berlebihan, dan kualitas sepatu yang buruk juga dapat menyebabkan nyeri tumit.

5. Bengkak

Ini biasanya merupakan gangguan sementara yang disebabkan oleh berdiri terlalu lama atau penerbangan panjang – terutama jika Anda sedang hamil. Namun, jika kaki Anda bengkak untuk jangka waktu yang lama, itu bisa menjadi tanda kondisi medis yang serius.

Penyebabnya mungkin sirkulasi darah yang buruk, masalah dengan sistem limfatik, atau pembekuan darah. Gangguan ginjal atau tiroid yang kurang aktif juga dapat menyebabkan pembengkakan.

6. Kaki terasa terbakar

Sensasi terbakar di kaki biasanya dialami oleh penderita diabetes dengan kerusakan saraf perifer. Hal ini juga dapat disebabkan oleh kekurangan vitamin B, penyakit ginjal kronis, sirkulasi darah yang buruk di kaki (penyakit arteri perifer), atau hipotiroidisme.

Inilah hasil rangkuman merdeka.com dari WebMD tentang cara mendeteksi penyakit lewat kaki. Semoga bermanfaat!

Comments are disabled
Rate this article