Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Karakteristik Pengguna Smartphone di Indonesia

Karakteristik Pengguna Smartphone di Indonesia

HT

Smartphone menjadi barang yang mudah ditemui dan bisa dibeli dengan banderol harga yang variatif. Siapapun bisa memiliki perangkat tersebut sesuai dengan daya belinya masing-masing.

Menurut Agus Sugiarto, MIDH Business Head Lenovo Indonesia di Jakarta, lifecycle atau siklus hidup smartphone bisa lebih cepat. “Handphone bisa ganti satu tahun sekali, user heterogen, ada yang mau coba-coba saja, ada yang pakai sampai rusak baru ganti,” tutur Agus.

Berbeda dengan penjualan motor atau mobil, yang kepengurusan izin kepemilikannya saja membutuhkan proses yang lebih panjang. Maka, tidak aneh apabila vendor atau produsen smartphone meluncurkan beberapa varian produknya dalam waktu yang relatif cepat.

Hingga akhir tahun, kabarnya Lenovo masih akan meluncurkan lima varian produk baru. Produk gadget ini mulai dari yang ditujukan untuk kelas menengah ke bawah atau pengguna pemula hingga produk smartphone premium.

“Untuk mengeluarkan produk, kita punya planning transisi, jangan sampai (muncul) produk kanibal,” kata Agus. Ia menjelaskan bahwa Lenovo memiliki strategi sebelum merilis produk baru, dipastikan produk ini tidak mengganggu penjualan produk lainnya yang diluncurkan oleh perusahaan.

“Walaupun ada kanibalisasi di market, konsumen yang diuntungkan karena mereka banyak pilihan (smartphone). Kita hanya meramaikan pasar,” jelasnya.

Lebih lanjut ia mengungkapkan, dari sisi konsumen yang barangkali ingin beralih ke smartphone yang lebih baru dan ingin menjual smartphone lamanya, agar harga tidak terlalu jatuh, maka brand perusahaan harus menjadi nomor satu. “Untuk dapat harga jual yang tinggi, kita harus menjadi nomor satu,” tambahnya.

Agus mengatakan, brand smartphone Lenovo menduduki peringkat nomor empat di dunia. “Di Indonesia untuk smartphone branded di posisi nomor dua. Pertumbuhan beberapa bulan lalu, April atau Mei, kita di posisi nomor dua,” terangnya.

Comments are disabled
Rate this article