Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / John Venn berulang tahun, Google Doodle dihiasi diagram unik

John Venn berulang tahun, Google Doodle dihiasi diagram unik

TEKNOLOGI HOKI

BeritaHoki.com - Para penggemar statistika dan matematika pasti mengenal si penemu Diagram Venn, John Venn. Google pun tak lupa ikut berpartisipasi untuk mengenang ulang tahun ke 180 matematikawan asal Inggris tersebut.

Caranya pun cukup unik. Google membuat sebuah Google Doodle interaktif yang menampilkan logika hubungan yang sering ditampilkan pada Diagram Venn.

Pada gambar awal doodle kali ini Anda hanya diminta untuk mengklik tanda ‘play’ yang terletak di gabungan antara huruf ‘O’. Setelah itu akan muncul dua buah lingkaran besar yang mewakili dua buah grup. Terdapat 5 pilihan di masing-masing grup. Namun Anda harus memilih 1 ikon dulu untuk dapat mengaktifkan grup lain.

Diagram Venn di Google Doodle

Contohnya, jika Anda memilih ikon yang di dalamnya berisi ‘mamalia’ akan muncul lima ikon lain di grup sebelahnya. Bila Anda lalu memilih ikon lain, hewan bersayap misalnya, kedua lingkaran akan bergabung dan memberikan contoh hewan yang memiliki sayap.

Diagram Venn di Google Doodle

Diagram Venn di Google Doodle

Gambar John Venn pun tak ketinggalan muncul di layar ketika kedua grup telah bergabung. Anda pun bisa mencoba berbagai macam kemungkinan penggabungan yang akan menunjukkan hasil mengejutkan serta menambah wawasan.

Comments are disabled
Rate this article