Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Jijik, jenggot ternyata bisa lebih kotor dari toilet!

Jijik, jenggot ternyata bisa lebih kotor dari toilet!

Hoki dan Sehat

BeritaHoki.com – Selama ini penelitian mengungkap bahwa memelihara jenggot bisa memberikan manfaat kesehatan seperti mencegah kanker kulit pada wajah. Namun di balik manfaat yang besar, sebaiknya perhatikan juga hal-hal penting saat akan memelihara jenggot. Salah satunya adalah masalah kebersihan.

Penelitian terbaru yang mengamati makhluk-makhluk mikro pada tubuh manusia menemukan sebuah fakta yang mencengangkan. Mereka menemukan bahwa jenggot ternyata bisa lebih kotor dari toilet!

John Golobic, dari Quest Diagnostic di new Mexico, mengungkap bahwa beberapa jenggot memang mengandung bakteri. Namun seringkali bakteri tersebut merupakan bakteri normal pada tubuh manusia. Meski begitu, beberapa jenggot ternyata juga mengandung bakteri yang sama dengan yang ada di kotoran manusia dan di toilet.

Hal ini tentunya sangat dipengaruhi oleh kebersihan pemelihara jenggot sendiri. Kebanyakan orang malas mencuci tangan setelah menyentuh benda yang kotor atau setelah dari kamar mandi, kemudian menyentuh jenggotnya. Ini bisa memindahkan bakteri dari toilet ke jenggot Anda.

Meski begitu, Golobic menekankan bahwa jumlah bakteri kotoran pada jenggot seseorang cukup aman dan tidak membahayakan kesehatan. Namun tentu saja, hal ini perlu diperhatikan oleh banyak pria yang membiarkan jenggotnya panjang.

Jika Anda termasuk pria yang suka memelihara jenggot, kebersihan adalah hal yang harus sangat diperhatikan. Jaga jenggot Anda tetap bersih, lebih rajin mencuci tangan, dan jauhkan tangan dari wajah atau jenggot. Jika Anda tak sanggup menjaga kebersihan, pertimbangkan lagi untuk memanjangkan jenggot.

Comments are disabled
Rate this article