Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Jepang Berharap Isu Penculikan Warganya Dibahas di KTT Korea Utara-Korea Selatan

Jepang Berharap Isu Penculikan Warganya Dibahas di KTT Korea Utara-Korea Selatan

Jepang Berharap Isu Penculikan Warganya Dibahas di KTT Korea Utara-Korea Selatan

Penyelenggaraan KTT Korea Utara – Korea Selatan yang berlangsung hari ini 27 April 2018, menjadi perhatian global, tidak terkecuali oleh Jepang.
 
Dikutip, pada Jumat (27/4/2018), pemerintah Jepang akan memperhatikan secara seksama pertemuan bersejarah tersebut, guna melihat apakah Korea Utara serius dengan pernyataannya tentang rencana denuklirisasi.
 
Selain itu, Jepang juga berharap KTT Korea Utara – Korea Selatan turut membahas isu penculikan warga Jepang yang dilakukan oleh Pyongyang.
 
Pemerintah Negeri Matahari Terbit juga mengatakan bahwa tindakan substantif diperlukan untuk denuklirisasi Korea Utara. Hal ini dikarenakan berbagai pembicaraan sebelumnya dengan Pyongyang tidak mengarah pada penghentian program rudal nuklir dan balistiknya.
 
Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in, mengatakan kepada Perdana Menteri Shinzo Abe awal pekan ini, bahwa ia berencana untuk membawa isu penculikan itu dalam pertemuan puncaknya dengan Pemimpin Korea Utara Kim Jong Un, di The Peace House.
 
PM Abe bermaksud mengukur tanggapan Korea Utara atas isu penculikan warga Jepang melalui KTT Korea Utara – Korea Selatan — dan rencana pertemuan Korut – AS selanjutnya, termasuk kemungkinan Tokyo melakukan KTT diplomatik untuk membahas hal terkait.
 
Selain itu, PM Abe mengatakan pada hari Kamis, 26 April 2018, bahwa kemungkinan KTT bilateral harus berkontribusi pada kemajuan masalah penculikan.
Comments are disabled
Rate this article