Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Jalanan Macet, Bikin Mobil Harus Rajin Ganti Oli

Jalanan Macet, Bikin Mobil Harus Rajin Ganti Oli

Jalanan Macet, Bikin Mobil Harus Rajin Ganti Oli

Bukan hanya bahan bakar yang jadi korban saat macet, pelumas (oli) juga merupakan komponen dalam mobil yang kena imbas jika kondisi jalan macet. Jangka Waktu penggantiannya pun akan lebih cepat.

Shell Lubricants Technical Advisor Indonesia, Shofwatuzzaki mengatakan, para pembuat mesin sudah banyak yang memberi informasi penggantian oli jika sering terkena macet pada buku servis.”Si pembuat mesin kalau kita lihat di buku manual, dia menuliskan kalau kondisi macet itu ada, misal kalau kondisi normal itu 10.000 km kalau macet jadi 5.000 km atau jadi tiga bulan,” ujarnya kepada wartawan, di Jakarta.

“Ada di buku manual yang baru-baru, semua sudah di antisipasi oleh pembuat mesin, pada umumnya yang saya lihat di buku manual sekarang sudah seperti itu,” tambah pria yang akrab disapa Zaki itu.

Hal itu terjadi karena dalam kondisi macet oli punya beban yang lebih berat. Beban itu muncul dari bahan bakar yang telah tercemar karena jalanan macet.
“Bahan bakar yang terkontaminasi ke dalam oli sehingga memang ketika kondisi macet beban di olinya lebih berat,” kata Zaki.

Tercemarnya bahan bakar yang membuat oli ikut kena imbasnya itu lanjut pria yang akrab disapa Zaki itu menjelaskna, karena saat macet mesin mobil akan bekerja lebih sedikit. Saat itulah bahar bakar tercemar dan berimbas pada oli.

“Kalau kondisi macet itu kondisi di mana mesin bekerja dengan beban rendah, ketika mesin bekerja dengan beban rendah, banyak bahan bakar yang terkontaminasi,” paparnya.

Comments are disabled
Rate this article