Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Intelijen Rusia Ungkap Sel ISIS yang Berencana Serang St Petersburg

Intelijen Rusia Ungkap Sel ISIS yang Berencana Serang St Petersburg

Intelijen Rusia Ungkap Sel ISIS yang Berencana Serang St Petersburg

Dinas Keamanan Federal Rusia ( FSB), Jumat (15/12/2017), mengatakan, telah mengungkap keberadaan sel Negara Islam Irak dan Suriah ( ISIS) yang merencanakan teror di kota St Petersburg.

“FSB mengidentifikasi dan menghentikan aktivitas sebuah sel klandestin para pendukung ISIS yang merencanakan serangan pada 16 Desember,” demikian pernyataan FSB.

Menurut FSB, kelompok ini merencanakan sebuah serangan bunuh diri dan membunuh warga kota di kawasan ramai di sisi utara kota terbesar kedua di Rusia itu.

Dalam penggerebekan yang dilakukan pada Rabu (13/12/2017), FSB menangkap tujuh anggota sel ISIS tersebut.

“Polisi juga menyita bahan peledak dalam jumlah besar yang digunakan untuk membuat bom rakitan, senapan otomatis, amunisi, dan berbagai literatur ekstremis,” tambah FSB.

Pada Selasa lalu, Direktur FSB Alexander Bortnikov mengatakan, Rusia tengah mewaspadai kemungkinan kembalinya para anggota ISIS dari Suriah menjelang putaran final Piala Dunia dan pemilihan presiden tahun depan.

Sebanyak 40.000 orang dari berbagai negara, termasuk Rusia, bergabung dengan ISIS di Suriah setelah pada 2014 kelompok itu mendeklarasikan berdirinya kekalifahan Islam.

Pada 2015, pemerintah Rusia memperkirakan sebanyak 2.900 warga negeri itu telah bergabung dengan ISIS, termasuk ribuan warga negara-negara Asia Tengah.

Sejumlah serangan teror telah menimpa Rusia selama beberapa tahun terakhir, termasuk serangan bom di St Petersburg pada April lalu yang menewaskan 14 orang.

Comments are disabled
Rate this article