Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ ARTIS HOKI / Ini Yang Kuatkan Yana Zein Lawan Kanker Payudara

Ini Yang Kuatkan Yana Zein Lawan Kanker Payudara

Banyak orang yang berkata bahwa setiap pengidap kanker adalah pejuang. Hal itu berarti juga berlaku bagi pesinetron senior Yana Zein yang tengah menghadapi kanker payudara selama satu tahun belakangan.

Perempuan berumur 47 tahun itu pun tak sendirian dalam menghadapi ujian hidupnya tersebut. Di balik sosoknya yang tegar, terdapat dua buah hati kesayangannya yang selalu menyemangati.

Dua anak Yana Zein, Aurelila dan Alika Pandora selalu hadir di rumah sakit setiap hari untuk memberi semangat sang ibu. Bahkan, Yana menilai kedua anaknya yang masih belia itu jauh lebih kuat menghadapi ini semua.

“Mereka masih kecil umur, 11 dan 13 tahun. Saya bersyukur sama Tuhan diberikan anak-anak yang kuat, yang luar biasa,” ujar Yana Zein saat ditemui di ruangan perawatan Rumah Sakit Siloam, Tb. Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2016).

Meskipun kedua anak tersebut harus putus sekolah karena sang orangtua kehabisan dana, mereka tetap tegar. Bagi Aurelila dan Alika, kesembuhan sang ibu lebih utama dari pada menempa pendidikan di sekolah.

“Tapi mereka enggak ada keluhan. Kemarin ada yang datang, bertanya, ‘kalian gimana putus sekolah, sedih enggak?’ Mereka bilang, ‘enggak, yang penting mami sehat dulu. Kesehatan mami penting, sekolah bisa diulang kok’,” tutur Yana Zein sambil menitikan air mata.

Begini Awal Mula Kanker Payudara Yana Zein Terdeteksi

Sudah setahun terakhir pesinetron senior Tanah Air, Yana Zein mengidap penyakit kanker payudara. Dengan tubuh yang mengenaskan, Yana Zein masih mendapat perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam, Tb. Simatupang, Jakarta Selatan.

Awal mula kisah penyakit Yana Zein terasa begitu singkat. Pasalnya, perempuan berumur 47 tahun itu sempat bertahan menahan sakit tanpa pengobatan medis selama beberapa bulan.

“Jadi, dulu, setahun yang lalu, saya merasa ada benjolan di payudara, tapi karena pada waktu itu saya pikir masuk angin biasa kan biasanya ada kelenjar, terus enggak sakit kan,” ungkap Yana Zein, saat ditemui di ruang perawatan Rumah Sakit Siloam, Tb. Simatupang, Jakarta Selatan, Kamis (29/12/2016).

Dirinya pun memilih untuk tak memikirkan tanda-tanda itu dan justru mengambil pekerjaan bermain sinetron. Namun, seiring dengan berjalannya waktu, tanda-tanda itu semakin terlihat. Benjolan tersebut ternyata bukan benjolan karena masuk angin, seperti yang dipikirkan sang aktris sebelumnya.

“Di tengah perjalanan (syuting sinetron) kok tambah membesar, tambah membesar, tapi pada saat itu, saya belum berobat medis, masih alternatif. Jadi tiba-tiba sewaktu-waktu pada saat sinetron mau habis, tiba-tiba payudara saya pecah,” kata Yana Zein.

Pihak pengobatan alternatif itu pun menyatakan bahwa Yana Zein mengidap penyakit kanker. “Pada saat saya berobat ke alternatif, mereka mengatakan bahwa saya terkena kanker payudara. Pengobatan (medis) saya terlambat ya, pas saya berobat awal ke dokter, saya kena stadium 3,” tutur Yana Zein.

Comments are disabled
Rate this article