Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Ini penyebab korban tewas gempa Nepal capai ribuan

Ini penyebab korban tewas gempa Nepal capai ribuan

Dunia Hoki

BeritaHoki.com – Jumlah korban yang terus bertambah dalam gempa Nepal pada Sabtu kemarin (25/4) menjadi pertanyaan mengapa angkanya bisa mencapai hingga ribuan.

Pada awal kejadian, tercatat sekitar 1.800 korban jiwa, lalu bertambah hingga dua kali lipatnya. Pada hari ini, Senin (27/4) tercatat jumlah korban jiwa sudah mencapai 3.200, dengan korban luka sebanyak 6000 orang.

Menurut situs planetmountain, hal itu disebabkan karena medan yang dijangkau cukup sulit terlebih korban pendaki Gunung Everest terjebak di pos 1 dan 2, karena jalur turun pendakian yang terputus akibat longsor es.

Selain itu cuaca buruk yang melanda membuat evakuasi sulit dilakukan di kedua tempat, Everest dan di pusat kota.

Para penduduk masih terisolasi dari bantuan, akibat akses jalan yang sulit dan terbelah usai gempa berkekuatan 7,9 Skala Richter (SR) tersebut. Terlebih lagi dikabarkan gempa susulan bertenaga 6,6 SR juga mengguncang pada keesokan paginya.

Pihak UNICEF mencatat sebanyak 940.000 anak-anak dalam situasi darurat bantuan. Sementara di desa Langtang yang menderita kerusakan parah akibat longsor, mencatat ada seratus korban jiwa di daerah itu.

Bantuan evakuasi korban jiwa di Gunung Everest kini dilakukan secara cepat melalui helikopter, namun jumlah helikopter yang terbatas membuat korban luka parah berpotensi menjadi korban jiwa selanjutnya akibat sulitnya medan.

Parah ahli menyatakan Nepal terletak di garis tektonik yang menciptakan ruang retak bumi. Lempeng India dan Eurasia bergeser sebanyak lima sentimeter saban tahunnya. Pergerakan lempeng itu juga menekan Gunung Everest makin bertambah tinggi satu sentimeter setiap tahunnya.

Comments are disabled
Rate this article