Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Ini Lokasi-lokasi Wisata Eksotis di Ujung Barat Purwakarta

Ini Lokasi-lokasi Wisata Eksotis di Ujung Barat Purwakarta

Ini Lokasi-lokasi Wisata Eksotis di Ujung Barat Purwakarta

KECAMATAN Sukasari, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, ternyata menyimpan segudang keindahah alam. Mungkin belum banyak yang tahu jika di wilayah paling Barat kabupaten kecil ini memiliki potensi pariwisata yang cukup melimpah.
 
Sebut saja, misalnya keberadaan air terjun (Curug) yang terdapat di beberapa titik di wilayah tersebut. Tak hanya wahana air berbasis alam seperti ini, di wilayah itu pun terdapat lokasi wisata bagi mereka pecinta Hiking dan River Tubing.
 
Camat Sukasari, Jaya Pranolo mengklaim, saat ini di wilayah kerjanya banyak tujuan untuk mereka yang ingin berwisata bersama keluarga. Sebut saja salah satunya, beberapa Curug dan beberapa wisata alam lainnya.
 
“Di wilayah kami banyak terdapat Curug. Salah satunya, Curug Tilu di Kampung Gunung Buleud, Desa Ciririp,” ujar Jaya, Minggu (6/5/2018).
 
Tak hanya Curug Tilu, kata Jaya, di wilayahnya banyak juga curug-curug lain yang mulai ramai dikunjungi wisatawan. Di antaranya, Curug Tonjong, Curug Batu Sereuh, Curug Mahrom, Curug Jayanti dan juga Curug Cimata Indung. Tak hanya wisata berupa air terjun, ada juga aliran air yang dijadikan trak River Tubing.
 
Menurut dia, Kecamatan Sukasari memiliki keindahan tersendiri. Apalagi, wilayah tersebut di kelilingi gunung-gunung yang menjulang tinggi serta panorama alam yang masih asri serta berbatasan langsung dengan Waduk Jatiluhur.
 
“Selain Curug, di wilayah kami juga ada pegunungan khusus bagi mereka pecinta Hiking dan Camping,” jelas dia.
 
Saat ini, Jaya menambahkan, infrastruktur ke Kecamatan Sukasari sudah sangat mendukung. ‎Karena, pemerintah telah membangun Jalur Lingkar Barat yang menjadi akses jalur darat baru ke wilayah tersebut.
 
Bisa di bilang, setelah dibangunnya Jalur Lingkar Barat yang merupakan ‘Trans Papua-nya‘ Purwakarta oleh pemerintah setempat, harapan-harapan baru pun bermunculan. Tak heran, saat ini wilayah tersebut menjadi salah satu primadona, terutama dari sektor pariwisata.
 
“Selain wisata alam, di kami juga terkenal dengan wisata kulinernya. Yakni, ikan bakar khas Sukasari,” tambah dia.
 
Berminat datang ke Kecamatan Sukasari? Pengunjung tak perlu khawatir tersesat. Sebab, wilayah tersebut sangat gampang diakses. Bagi yang datang melalui jalur Tol Cipularang, pengunjung cukup keluar dari Gerbang Tol Jatiluhur.
 
Kemudian, ambil arah jalur menuju Waduk Jatiluhur. Setelah melewati kantor Kecamatan Jatiluhur, ambil arah lurus menuju ke Desa Cikao Bandung. Persis di bawah Bendungan Jatiluhur ada jalan beton yang cukup mulus. Terus naik dan ikuti jalan beton tersebut sampai bertemu dengan bendung sebelah barat Waduk Jatiluhur.
 
Sepanjang perjalanan, pengunjung pun bakal disuguhi pemandangan yang sangat luar biasa berupa hamparan hutan di kiri kanan jalan. Selain panorama alam, pengunjung pun akan menjumpai jalan yang berkelok dan naik turun. Sehingga, bisa menambah keindahan perjalanan.

 

Comments are disabled
Rate this article