Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / Ini jawaban soal Matematika Singapura yang bikin orang penasaran

Ini jawaban soal Matematika Singapura yang bikin orang penasaran

Dunia Hoki

BeritaHoki.com – Seorang Pembawa acara di salah satu stasiun TV Singapura akhirnya memecahkan soal logika Matematika yang menghebohkan dunia di jejaring sosial.

Soal tersebut mengundang ribuan komen dari netizen.

Kenneth Kong, presenter “Hello Singapore” memecahkan soal tersebut dan mengklaim soal itu seharusnya ditujukan untuk seorang berumur 14 tahun yang bersekolah di Sekolah Olimpiade Matematika Asean.

Begini jawabannya:

Dari soal itu ada 10 tanggal, dengan pilihan tanggal antara 14 hingga 19. Dalam soal tersebut tanggal 18 dan 19 hanya muncul sekali.

Jika ultah Cheryl adalah tanggal 18 dan 19, maka Bernard akan otomatis langsung tahu. Sedangkan kata Albert, Bernard juga tidak langsung tahu. Artinya kedua tanggal itu, 19 Mei dan 18 Juni, bisa dicoret dari kemungkinan jawaban. 

Kemudian jika Cheryl memberitahu Albert bulan lahirnya adalah Mei atau Juni maka Bernard bisa tahu ultah Cheryl antara 19 Mei atau 18 Juni. Tapi Abert bilang, Bernard tidak akan langsung tahu, artinya Cheryl memberitahu Albert bulan lahirnya adalah antara Juli atau Agustus. Maka kemungkinan jawaban 15 Mei, 16 Mei, 17 Juni, 18 Juni bisa dicoret lagi dari kemungkinan jawaban.

Kini tersisa kemungkinan jawaban 14 Juli, 16 Juli, 14 Agustus, 15 Agustus, dan 17 Agustus. 

Jika Cheryl memberitahu Bernard tanggal lahirnya adalah 14, maka Bernard tidak akan langsung tahu, sebab tanggal 14 muncul dua kali, yakni 14 Juli dan 14 Agustus. Sedangkan Bernard kemudian bilang dia kini sudah tahu tanggal lahir Cheryl, Artinya tanggal 14 Juli dan 14 Agustus bisa dicoret dari kemungkinan jawaban.

Kini tersisa tiga pilihan: 16 Juli, 15 Agustus, dan 17 Agustus.

Setelah Bernard bilang, Albert kemudian mengatakan dia kini tahu ultah Cheryl. Jika Cheryl memberitahu Albert bulan lahirnya adalah Agustus, maka Albert tidak langsung tahu kapan Cheryl lahir, sebab ada dua kemungkinan di bulan Agustus, tanggal 15 atau 17. Maka dua tanggal itu bisa dicoret lagi dari kemungkinan jawaban. 

Kini tersisa satu tanggal saja. Maka jawaban yang benar dari soal ini adalah Cheryl berulang tahun pada 16 Juli.

Comments are disabled
Rate this article