Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Indonesia Unjuk Gigi di Balap Ketahanan Jepang

Indonesia Unjuk Gigi di Balap Ketahanan Jepang

Hoki Otomotif

Suzuka, BeritaHoki.com, Otomotif – Balap ketahanan sepeda motor, Suzuka 8-Hour Endurance Road Race 2014, tidak cuma jadi bukti keunggulan teknologi merek Jepang, tapi juga unjuk kebolehan para pebalap muda. Indonesia boleh bangga, sebab Dimas Ekky Pratama, berhasil menjadi pebalap Tanah Air yang pertama kali yang masuk peringkat 10 besar di ajang internasional tahunan ke-37 itu.

Dimas adalah salah satu hasil polesan Astra Honda Motor (AHM) lewat program pembinaan, Honda Racing School. Terpilih menjadi pebalap pertama dari tim Honda Team Asia yang bersiap di garis start dari posisi ke-14, ditemani pebalap kedua Zamri Baba (Malaysia) dan Josh Hook (Australia).

Trek basah dan insiden
Awal balapan menantang dengan trek basah karena hujan deras mengguyur sebelum balapan. Bahkan  sempat ditunda selama satu jam setelah putaran dimulai karena kondisi dinilai berbahaya.

Terjadi insiden kecil, helm Dimas berembun sehingga menghalangi pandangan. Tunggangan CBR1000RR hasil racikan Honda Racing Corporation (HRC) pun terpaksa digiring masuk pit. Hasilnya, Honda Team Asia merosot ke posisi 64.

Namun secara bergantian, ketiga pebalap mampu memperbaiki kesalahan. Prestasi yang perlu diapresiasi ketika tim akhirnya melesat ke posisi 7 setelah start ulang dari 64. Hasil akhir, menyelesaikan 169 putaran dengan catatan waktu 6:58’18.448. Panitia terpaksa menyingkat waktu balapan menjadi enam jam dan 55 menit setelah hujan deras menunda dimulainya balapan dari 11:30 ke 12:35 waktu setempat.

“Melalui keikutsertaan pebalap binaan AHM di ajang ketahanan balap bergengsi Suzuka 8-Hour  Endurance Road Race, kami ingin mengasah kompetensi pebalap Indonesia untuk siap bertarung di ajang balap dunia lainnya. Prestasi Dimas Ekky di keikutsertaannya yang pertama kali di ajang ini merupakan sinyal positif dari keberhasilan pembinaan kami terhadap pebalap muda Indonesia,” ujar GM Marketing Planning and Analysis AHM A. Indraputra, dalam keterangan resminya, Jumat (1/8/2014).

Comments are disabled
Rate this article