Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Doyan Ciuman Berisiko Terkena Herpes, Begini Penjelasannya

Doyan Ciuman Berisiko Terkena Herpes, Begini Penjelasannya

Doyan Ciuman Berisiko Terkena Herpes, Begini Penjelasannya

APAKAH Anda termasuk orang yang suka mencium pasangan? Jika iya, informasi ini akan sangat penting dan membuat Anda lebih menjaga kondisi kesehatan.
 
Pasalnya, menurut Corporate Medical Director of Infection Prevention and Hospital Epidemology at Detroit Medical Center and Wayne State University Tenna Chopra, M.D., kecupan langsung ke mulut berisiko tinggi penyebaran virus herpes simpleks (HSV) 1 dan 2, juga sifilis.
 
Hal ini berkaitan dengan paparan air liur yang langsung dari mulut ke mulut, di mana tidak bisa dipungkiri air liur menjadi medium penyebaran virus.
 
Begitu huga yang dijelaskan National Institute of Allergy and Infections Diseases (NIAID), infeksi virus herpes simplex adalah yang paling sering dialami mereka yang sering berciuman.
 
Fakta yang mesti Anda perhatikan adalah virus ini tidak bisa hilang begitu saja dari tubuh manusia. Bahkan, beberapa sumber menjelaskan bahwa ketika tubuh sudah terpapar virus herpes ini, maka penyakit itu akan selamanya Anda derita!
 
“Begitu seseorang sudah terinfeksi, virus dapat tetap aktif selama bertahun-tahun dan ini memungkinkan masalah lain muncul,” seperti dikutip dari website tersebut. Hal ini juga yang kemudian membuat seseorang tidak sadar bahwa dia menyebarkan virus ke orang lain.
 
Lalu, apa bedanya antara HSV-1 dan HSV-2?
 
Dijelaskan di sana, HSV-1 bertanggug jawab untuk herpes oral, sedangkan HSV-2 menyebabkan gerpen genital (kelamin).
 
Ditegaskan di sini, herpes mulut (oral) dapat menyebar dari mulut ke kelamin sebagai akibat dari oral seks. Hal ini juga berkaitan dengan penyebab HSV-2 karena paparan herpes oral sebelumnya. Pun sebaliknya.
 
Jadi, dapat dijelaskan bahwa antara HSV-1 dan HSV-2 bisa saling berkaitan dan menjadi sumber masalah satu sama lainnya.
 
Lalu, bagaimana Anda tahu bahwa Anda atau pasangan memiliki masalah ini?
 
Gejala yang paling mudah dikenali adalah kondisi terbakar, gatal, dan/atau kesemutan. Kondisi lebih parah adalah munculnya luka di area mulut atau genital.
 
Jika Anda merasa memiliki masalah tersebut, sangat disarakan untuk segera mendatangi tenaga medis dan mendapat penangan lebih lanjut. Sebab, gejala di atas tidak juga melulu menandakan Anda mengalami masalah herpes. Diagnosis yang tepat akan menyelamatkan hidup Anda.
Comments are disabled
Rate this article