Oops! It appears that you have disabled your Javascript. In order for you to see this page as it is meant to appear, we ask that you please re-enable your Javascript!
Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Cerita dari Dapur Presiden, Intip Aneka Hidangan yang Sering Tersaji di Istana Negara

Cerita dari Dapur Presiden, Intip Aneka Hidangan yang Sering Tersaji di Istana Negara

Cerita-dari-Dapur-Presiden,-Intip-Aneka-Hidangan-yang-Sering-Tersaji-di-Istana-Negara

MENDENGAR kata Istana, yang terbayang di pikiran kebanyakan orang awam adalah segala sesuatu di dalamnya pasti yang berbau mewah.
 
Bukan hanya soal desain interior ruangan, atau furniture peralatan rumah tangga yang dipakai, termasuk juga di dalamnya menu hidangan yang disajikan baik itu sebagai makanan sehari-hari ataupun menu spesial saat sedang ada acara khusus.
 
Eits tapi jangan salah, tidak semua menu makanan Istana harus selalu mewah dan megah. Menu makanan yang dihidangkan di Istana, yang disantap para penghuninya pun bisa saja menu makanan sederhana tidak jauh berbeda dengan menu rumahan ala orang biasa. Seperti contohnya menu hidangan yang tersaji di Istana Negara di era pemerintahan Presiden Joko Widodo sekarang.
 
Penasaran memang apa saja sih menu makanan sederhana di Istana Negara dalam berbagai kesempatan? Menghimpun dari berbagai sumber, Minggu (16/9/2018) berikut pemaparan singkatnya.
 
Sop ayam, gorengan, dan jagung rebus
 
Melalui video di laman media sosial Youtube berjudul “Cerita dari Dapur Presiden,” terungkap oleh sang koki istana, Tri Supriharjo seorang koki asal Solo, yang setiap harinya bertanggung jawab memasak makanan bagi seorang Presiden Joko Widodo (Jokowi). Di video berdurasi singkat sekitar hanya tiga menit tersebut, Tri menjelaskan bahwa sehari-hari dJokowi lebih suka dihidangkan makanan tradisional Indonesia yang sederhana. Contohnya, sop ayam, mi ketoprak, sayur bening bayam, soto kuning hingga tumis pepaya muda. Sedangkan perihal camilan, selain gorengan seperti bakwan jagung dan bakwan sayur. Menu camilan yang selalu terhidang di istana untuk seorang Jokowi sangat kental berdarah Jawa, sebut saja singkong goreng, jagung rebus, lento (ketela yang diparut dan diberi kelapa lalu digoreng.
 
Jajanan kaki lima
 
Saat menggelar open house merayakan Hari Raya Idul Fitri tahun 2017 lalu dalam rangka silahturahmi, Presiden Jokowi mengundang seluruh elemen masyarakat mulai dari para pejabat tinggi negara, kalangan pengusaha, dan masyarakat umum hingga tamu negara asing untuk datang ke Istana Negara. Menghelat open house, istana negara sendiri diketahui tetap menyajika menu hidangan makanan tradisional Indonesia yang sederhana ala pedagang kaki lima. Mulai dari siomay, nasi gudeg, soto kikil, combro, lontong cap gomeh, soto tengkleng, satai, bakso, hingga mi goring, yang mana disebutkan merupakan ciri khas setiap kali Jokowi menjamu tamunya di Istana.
 
Selat Solo
 
Alih-alih menyajikan aneka makanan fusion atau fine dining ala hidangan hotel bintang lima. Ketika kunjungan Raja Salmandari Kerajaan Arab Saudi beberapa waktu lalu, menu makan siang yang disajikan di Istana Negara ternyata adalah Selat Solo, merunut pada faktor Raja Salman yang diketahui begiotu favorit dengan sayuran-sayuran.
 
Nasi goreng dan bakso
 
Menyambut kunjungan mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama tahun 2017 silam di Istana Bogor. Menu makanan yang dihidangkan untuk Barack Obama tidak lain dan tidak bukan adalah makanan khas pedagang kaki lima yang murah meriah, yakni nasi goreng dan bakso. Selain dua menu kesukaan Obama ini, Presiden Jokowi diketahui lebih lanjut juga menghidangkan es kelapa muda, surabi, dan satai untuk mantan Presiden negara Adidaya yang pernah tinggal di Indonesia tersebut.
 
Nasi dan tauge goreng gerobakan
 
Menggelar sidang kabinet di Istana Negara, makanan yang dipilih untuk dihidangkan adalah makanan ala pedagang gerobak. Didatangkan langsung pedagang nasi goreng, penjual bakso dan penjual tauge goreng ke kompleks istana sebagai hidangan makanan untuk siding kabinet.
Comments are disabled
Rate this article