Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Bus Baru Hino Lawan Scania dan Mercedes-Benz

Bus Baru Hino Lawan Scania dan Mercedes-Benz

PT Hino Motor Sales Indonesia (HMSI) memamerkan bus baru untuk bermain di segmen pariwisisata dalam ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show ( GIIAS) 2017. Dia adalah RM 380, bertenaga badak, membidik merek-merek lain macam Scania dan Mercedes-Benz.

Hino Bus RM 380 sudah punya mesin bertenaga 380 PS dan memiliki GVW (bobot) 18 ton. HMSI mengklaim, bus sangat cocok untuk perjalanan jarak jauh antar kota antar propinsi. Apalagi, saat ini pemerintah sedang giat dalam pembangunan jalan tol lintas Trans Jawa dan Trans Sumatera.

Menurut salah satu tenaga penjual yang ditemui KompasOtomotif, Selasa (15/8/2017), bus Hino RM yang lebih bertenaga ini memang diciptakan untuk mengimbangi performa kompetitor. ”Kalau buat bus wisata, jarak jauh, nanjak-nanjak, lebih enak dipakainya,” kata wiraniaga.

Dia menjelaskan, RM 380 ini adalah versi penyempurnaan RK Series yang biasa dipakai untuk bus-bus angkutan umum, mulai Transjakarta, sampai bus antar kota antar proponsi (AKAP).

 Interior bus Hino RM 380.

Kelebihan RM 380 tentu lebih banyak. Selain mesin E13C-UT Common Rail yang lebih efisien, sasis tipe modular membuat karoseri leluasa bikin bagasi di dek bawah makin luas, bahkan bisa diisi puluhan unit sepeda motor!

Bus milik PO Harapan Jaya yang dipasang di ICE, BSD City itu adalah bikinan karoseri Laksana. KompasOtomotif melongok ke atas, terdapat jok mewah konfirgurasi 2+2. Di bagian belakang bahkan ada sofa, ruangan merokok, dan toilet.

Sang tenaga penjual mengatakan bahwa bus ini dipasarkan dengan banderol Rp 750 jutaan (sasis). Kalau sudah dalam bentuk bus, bisa dipatok Rp 1,3 miliar, dan sudah bisa dipesan.

Comments are disabled
Rate this article