Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Belum Punya Pengalaman, tetapi Ingin Dapat Kerja? Ini Tipsnya

Belum Punya Pengalaman, tetapi Ingin Dapat Kerja? Ini Tipsnya

Belum Punya Pengalaman, tetapi Ingin Dapat Kerja? Ini Tipsnya

Masuk ke bursa kerja tanpa memiliki pengalaman bukan hal yang mudah dan bisa membuat frustrasi.

Itu karena pekerjaan khusus untuk para fresh graduate pun membutuhkan bekal keahlian.

Nah, bagi Anda lulusan anyar atau yang belum memiliki pengalaman kerja, berikut ini beberapa kiat sukses dalam memperoleh pekerjaan yang Anda inginkan, seperti dikutip dari CNBC, Minggu (1/10/2017).

1. Jalani wawancara informasional

Penasihat karier, Maggie Mistal, menyarankan Anda memperoleh pekerjaan melalui cara membangun hubungan strategis berupa wawancara informasional.

“Bahkan dalam sebuah kesempatan, Anda bisa melakukan wawancara informasional,” ujar Mistal.

Ia menyarankan, untuk melakukan wawancara informasional, bangun koneksi melalui jejaring sosial profesional LinkedIn yang bekerja di perusahaan yang Anda tuju. Jangan sungkan berkomunikasi dan jika beruntung, buatlah janji untuk bertemu.

“Ketika sudah dapat ritmenya, Anda bisa menjalankannya. Perkenalkan diri Anda, tanyakan pertanyaan terkait pekerjaan, dan ini bisa dilakukan dalam 15 menit,” ungkap Mistal.

2. Tunjukkan soft skill

Banyak pelamar tanpa pengalaman kerja susah payah “mempromosikan diri” melalui riwayat diri atau curriculum vitae (CV) mereka. Menunjukkan soft skill Anda dapat membuat Anda selangkah di depan menuju perekrutan.

Intinya, penting untuk memiliki soft skill. Soft skill dapat ditunjukkan melalui pengalaman memimpin dalam berorganisasi, kerja paruh waktu, atau pengalaman membantu teman dalam membangun kehadiran bisnis mereka melalui media sosial. Pengalaman-pengalaman itu bisa menjadi bekal Anda.

Menurut platform lowongan kerja Monster, soft skill yang paling banyak ditunjukkan dalam bursa kerja di berbagai industri adalah pemecahan masalah, perhatian kepada hal-hal detail, dan kemampuan komunikasi, baik lisan maupun tertulis.

3. Datang ke pameran kerja

Di AS, 75 persen perusahaan melaporkan bahwa perekrutan pegawai dilakukan melalui pameran kerja.

Banyak universitas, termasuk di Indonesia, pun menyelenggarakan pameran kerja untuk para mahasiswa dan alumni.

Meskipun kadang mencari kerja melalui ajang ini cukup menantang, tetapi pameran kerja adalah kesempatan besar bagi Anda untuk berhubungan dengan perusahaan.

Perusahaan besar seperti Amazon pun mengandalkan pameran kerja untuk merekrut pegawai.

Namun, jangan hanya mendaftarkan diri atau menaruh CV Anda pada perusahaan yang berpartisipasi dalam pameran kerja.

Jangan sungkan untuk mengontak perusahaan untuk follow up lamaran Anda.

Dalam waktu 24 jam, hubungi perusahaan melalui e-mail, sertakan CV, dan surat lamaran Anda. Tekankan minat Anda pada posisi pekerjaan yang Anda bidik.

Comments are disabled
Rate this article