Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA DUNIA / AS Suntik Pertahanan Israel USD225 Juta

AS Suntik Pertahanan Israel USD225 Juta

U.S. President Barack Obama signs H.J. Res. 76, Emergency Supplemental Appropriations Resolution, 2014, while in the Oval Office in the White House in WashingtonWASHINGTON – Presiden Amerika Serikat, Barack Obama telah sepakat untuk memberikan dana sebesar USD225 juta. Dana itu diberikan untuk membantu Israel dalam menambah kekuatan misil pertahanan Iron Dome. Demikian kata juru bicara Gedung Putih, Josh Earnest.

“Penambahan dana ini memastikan Israel akan menambah produksi dari komponen Iron Dome untuk menjaga stok pencegat dan peralatan yang lebih memadai,” demikian komentar Earnest, dalam dokumen yang tertulis, diberitakan beritahoki.com, Selasa (5/8/2014).

“Dana USD176.000.000 ini sesuai permintaan Presiden Obama dalam anggaran Tahun Anggaran (TA) 2015 untuk Iron Dome dan TA 2015. Namun, permintaan ini meningkat dari USD175.000.000 yang diusulkan di Kongres sebelumnya untuk mengimbangi biaya memulai produksi Iron Dome di Amerika Serikat,” lanjutnya.

RUU ini sudah disepakati oleh Kongres pekan kemarin. Mengalokasikan dana tambahan untuk Israel adalah kesempatan langka ketika kedua Demokrat dan Republik setuju dalam voting mereka.

“Sejak awal konflik ini, Amerika Serikat dengan menentang bahwa tidak ada negara dapat mematuhi serangan roket terhadap warga sipil. Amerika Serikat mendukung hak Israel untuk mempertahankan diri terhadap serangan tersebut. Kami juga terus meminta pemerintah Israel untuk mengambil semua tindakan pencegahan yang layak untuk mencegah korban sipil di Gaza dan melindungi penduduk sipil Palestina dari dampak serangan,” demikian Earnest menekankan.

Israel telah melakukan Operation Protective Edge sejak 8 Juli untuk mengakhiri serangan roket dari Gaza. Pada 17 Juli, tentara Israel telah beralih serangan lewat darat yang mana sebagian besar ditujukan untuk menemukan dan menghancurkan peluncur roket serta terowongan bawah tanah. Korban meninggal di Gaza memang masih simpang siur. Menurut laporan terakhir ada 1.800 masyarakat Palestina yang meninggal, kebanyakan masyarakat sipil dan 67 orang Israel menjadi korban.

 

Comments are disabled
Rate this article