Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / Apakah Boleh Makan Kornet Langsung Tanpa Dimasak Lagi? Ketahui Jawabannya di Sini

Apakah Boleh Makan Kornet Langsung Tanpa Dimasak Lagi? Ketahui Jawabannya di Sini

Apakah Boleh Makan Kornet Langsung Tanpa Dimasak Lagi? Ketahui Jawabannya di Sini

MENGONSUMSI makanan kemasan atau yang dikalengkan bukan sesuatu yang baru di masyarakat kita. Olahan yang praktis seperti ini dianggap tepat untuk mereka yang tidak punya banyak waktu atau punya keahlian memasak yang baik.
 
Makanan kemasan yang cukup populer di masyarakat adalah kornet, cocktail, dan sarden. Kedua makanan olahan ini tak jarang menjadi makanan favorit di kala lapar melanda pada malam hari.
 
Tapi, tahukah Anda sebetulnya makanan kalengan ini adalah makanan para tentara di medan perang. Makanan ini dibuat untuk mereka yang memang tidak punya waktu atau peralatan lengkap untuk memasak. Konsep praktis ini yang kemudian dibawa ke masyarakat.
 
Nah, apakah Anda tahu ada sebagian orang yang mengonsumsi makanan kalengan ini tanpa mengolahnya kembali! Lalu, apakah tindakan itu aman?
 
Dijelaskan Kepala SEAFAST Center IPB Prof. Dr. Nuri Andarwulan, makanan kalengan adalah makanan yang steril. Makanan tersebut sudah dipastikan melalui sterilisasi yang ketat. Jadi, ketika ditanya apakah itu aman, jawabannya aman.
 
“Saya bisa memastikan bahwa Anda boleh langsung mengonsumsi sarden atau kornet langsung setelah dibuka kemasannya. Tapi, memang sebaiknya setelah dibuka, penyimpanan makanan ini harus bebas udara atau di tempat yang sejuk supaya tidak ada mikroba yang masuk,” terangnya pada melalui telewicara, Kamis (5/4/2018).
 
Dr. Nuri melanjutkan, namun di masyarakat kita tuh terbentuk budaya di mana makanan ini harus diolah kembali. Hal ini tidak salah, karena memang pada dasarnya makanan kalengan, sambung Dr. Nuri, memiliki rasa yang kurang “nampol”. Makanya, proses pengolahan lagi dirasa perlu agar menambah cita rasa.
 
Sementara itu, sekalipun aman untuk dikonsumsi langsung, ada hal yang tetap harus diperhatikan sebelum Anda membeli makanan kalengan ini.
 
“Yang mesti diperhatikan adalah kemasannya. Usahakan jangan membeli makanan ini dengan kondisi kemasan sudah penyok, sudah muncul karat di bagian penutupnya, atau bahkan muncul lubang,” tegasnya.
Comments are disabled
Rate this article