Pusat Berita yang Hoki Punya
Beritahoki.com
/ BERITA HOKI / 5 Kiat Merencanakan Liburan Murah Akhir Tahun

5 Kiat Merencanakan Liburan Murah Akhir Tahun

5 Kiat Merencanakan Liburan Murah Akhir Tahun

Akhir tahun adalah momen terbaik untuk pergi berlibur. Hal ini disebabkan adanya libur Natal dan Tahun Baru yang berdekatan, sehingga membuat banyak orang yang tidak ingin melewatkan momen liburan panjang ini. Selain itu, liburan akhir tahun juga menjadi favorit banyak orang karena banyak tempat wisata yang menawarkan berbagai event dan festival yang meriah.

Pada akhirnya, tingginya minat untuk berlibur mengakibatkan lonjakan harga sebagian besar hotel dan pesawat setiap menjelang musim liburan akhir tahun. Namun jangan khawatir, Anda bisa menyiasatinya agar liburan tetap hemat, menyenangkan, dan seru. Berikut 5 cara yang bisa dilakukan untuk mengakali pengeluaran liburan akhir tahun:

Rencanakan dari sekarang

Kunci keberhasilan dalam melakukan liburan adalah merencanakan perjalanan dengan baik. Maka, jika Anda berniat berlibur akhir tahun, rencanakanlah dari jauh-jauh hari, minimal dari 2 – 3 bulan sebelumnya. Hal ini akan membantu Anda untuk fokus menyiapkan itinerary perjalanan dan dana khusus liburan.

Misalnya Anda ingin liburan ke Yogyakarta, maka kumpulkan informasi tentang objek wisata apa saja yang akan dikunjungi, cara untuk mencapai suatu tempat wisata, hingga berapa biaya yang dibutuhkan untuk sewa penginapan selama liburan. Meskipun sering dianggap tidak penting, menyusun itinerary secara detail dapat membuat perjalanan lebih maksimal dan bujet liburan lebih terkendali.

Tempuh jalur darat

Beralih menggunakan moda transportasi darat saat liburan ke luar kota juga dapat menekan pengeluaran. Salah satu transportasi yang bisa menjadi pilihan adalah kereta api, karena harganya yang murah dan fasilitasnya yang nyaman. Tak hanya itu, posisi stasiun kereta api yang strategis di areal pusat kota juga akan memudahkan Anda untuk menuju lokasi wisata populer dan menemukan penginapan murah.

Anda berencana untuk liburan akhir tahun nanti?  Jika iya, layanan tiket kereta api jarak jauh sudah bisa dipesan dari sekarang, salah satunya melalui online travel agent (OTA) Traveloka. Meskipun akhir tahun masih beberapa bulan lagi, memesan tiket perjalanan dari jauh-jauh hari memastikan Anda mendapatkan tiket kereta sesuai kebutuhan dan lebih bebas memilih kursi yang ingin ditempati. Melakukan pemesanan tiket kereta di Traveloka pun mudah dan tepercaya. Anda hanya perlu mengunjungi situs atau aplikasi Traveloka, lalu memilih kota keberangkatan, destinasi, serta tanggal yang Anda inginkan. Dengan begini, liburan akhir tahun bukan cuma hemat tapi juga praktis!

Pilih waktu yang tepat

Usahakan untuk melakukan perjalanan Anda pada hari kerja untuk menghemat pengeluaran Anda. Tak hanya mendapatkan tiket transportasi yang lebih murah, Anda juga dapat menikmati suasana traveling yang lebih baik, terhindar kenaikan harga tiket atraksi wisata serta antrian panjang di tengah keramaian turis di akhir pekan.

Pergi beramai-ramai

Ini juga menjadi salah satu cara yang efektif untuk memangkas biaya liburan Anda. Mengajak  teman kerja/kuliah atau saudara tidak hanya membuat liburan semakin seru karena ada orang bisa diajak ngobrol dan bercanda, tetapi memiliki partner traveling juga bisa menghemat pengeluaran. Anda bisa saling patungan (sharing cost) untuk segala kebutuhan liburan, mulai dari sewa penginapan, biaya tur, hingga berbagi makanan.

Pilih akomodasi dan transportasi yang pas

Saat tiba di tempat tujuan, menggunakan transportasi publik seperti bus atau angkot kemungkinan besar akan lebih ekonomis. Contohnya, jika Anda berencana liburan ke Yogyakarta, manfaatkan layanan Trans Jogja dan bus umum untuk mengunjungi sejumlah objek wisata. Atau, jika ada lokasi wisata yang jaraknya cukup dekat dengan objek wisata lainnya, tak ada salahnya memilih berjalan kaki. Cara ini cukup ampuh memberikan suasana baru saat berlibur sekaligus menghemat biaya tentunya.

Untuk urusan akomodasi, kota-kota besar di Indonesia pada umumnya sudah memiliki banyak opsi penginapan murah, dari hostel untuk backpacker hingga bujet hotel untuk yang ingin mencari privacy sambil tetap menghemat.

Selain hotel, menginap di rumah kerabat atau sanak saudara juga bisa menjadi alternatif yang bagus. Dengan pilihan akomodasi satu ini, anda bisa menghemat uang penginapan — atau bahkan uang makan — sambil mempererat tali silaturahmi.

Jadi, dengan bijak dalam mempersiapkan rencana liburan, Anda dapat menikmati liburan dengan nyaman, sekaligus menjaga kondisi keuangan tetap stabil dalam jangka panjang. Ayo, segera wujudkan liburan akhir tahun Anda, dan tutup tahun ini dengan momen yang lebih berkesan!

Comments are disabled
Rate this article